Pemudik Lebaran Tahun 2023 Diprediksi Naik Menjadi 123 Juta Orang, Ini Penjelasan Menhub

- 13 Maret 2023, 08:43 WIB
Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Pelabuhan Merak, Banten, beberapa waktu lalu.
Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Pelabuhan Merak, Banten, beberapa waktu lalu. /Antara/Asep Fathulrahman/

Literasi News - Pemudik angkutan lebaran tahun 2023 atau 1444 Hijriah diprediksi terjadi kenaikan hingga mencapai 123 juta orang dari tahun sebelumnya 85 juta orang.

Meningkatnya jumlah pemudik lebaran itu seperti disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat meninjau Pelabuhan Merak, Banten.

Menhub menjelaskan bahwa kenaikan angkutan pemudik lebaran itu didominasi kendaraan darat roda empat dan roda dua.

"Peningkatan angkutan lebaran 2023 itu, sebaiknya pemudik tidak menggunakan sepeda motor, karena berbanding lurus dengan tingginya kecelakaan," katanya.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini Senin 13 Maret 2023: Saksikan Kesetiaan Janji Cinta, Ikatan Cinta, Indonesian Idol

Menhub menjelaskan, lonjakan angkutan lebaran 123 juta itu sangat berpotensi terjadi kepadatan kendaraan dan kemacetan, terutama jalur Pelabuhan Merak dan Tol Jakarta - Semarang.

Karena itu, Presiden Joko Widodo memerintahkan beberapa menteri untuk melakukan persiapan dan antisipasi angkutan lebaran 2023, di antaranya Menteri PUPR dan Menhub.

Persiapan angkutan lebaran 2023 tersebut diharapkan berjalan lancar, aman, nyaman dan berkesan.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x