BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Pesisir Indonesia, Bisa Mencapai 6 Meter

- 26 Desember 2022, 11:51 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi. BMKG mengimbau masyarakat pesisir di Indonesia untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi.
Ilustrasi gelombang tinggi. BMKG mengimbau masyarakat pesisir di Indonesia untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi. /Pixabay/Kanenori/

Literasi News - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir di Indonesia untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi yang bisa mencapai 6 meter pada 26-27 Desember 2022.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo, meminta masyarakat yang berada di wilayah pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada," katanya di Jakarta, Senin 26 Desember 2022.

Eko Prasetyo menjelaskan gelombang tinggi berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 26-27 Desember 2022.

"Salah satu faktor pemicu gelombang tinggi, yakni pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat-Utara dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot.

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Hari Ini 26 Desember 2022: Aura, Tajwid Cinta, Cinta 2 Pilihan dan Takdir Cinta yang Kupilih

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Selat Makassar bagian selatan dan Laut Flores.

Kondisi itu, menurut dia, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh-Kepulauan Nias, perairan selatan Banten-Jawa Barat.

Selain itu, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat, perairan selatan Kepulauan Anambas, perairan timur Kepulauan Bintan-Kepulauan Lingga, Laut Natuna, perairan utara P. Bangka-Belitung, Selat Karimata, Laut Jawa bagian barat, perairan utara Jawa Tengah-Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: BMKG Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x