Pasca Gempa Cianjur, BMKG: Waspadai Potensi Bencana Lanjutan Seperti Longsor dan Banjir Bandang

- 22 November 2022, 09:00 WIB
Warga terdampak gempa di Cianjur agar mewaspadai potensi bencana lanjutan seperti longsor hingga banjir bandang.
Warga terdampak gempa di Cianjur agar mewaspadai potensi bencana lanjutan seperti longsor hingga banjir bandang. /Muhammad Ginanjar, Kontributor PR di Cianjur/

Literasi News - Warga terdampak gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, agar mewaspadai potensi bencana lanjutan seperti longsor hingga banjir bandang.

Peringatan itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers.

"Perlu diingatkan kepada masyarakat, mengingat saat ini intensitas hujan meningkat, jadi perlu juga diwaspadai adanya kolateral hazard atau bahaya ikutan," katanya.

Dia menjelaskan, pascagempa dapat membuat lereng-lereng menjadi rapuh. Sehingga hujan dengan intensitas yang tinggi dikhawatirkan membuat material-material yang ada di lereng terlepas yang dapat memicu terjadinya longsor dan banjir bandang.

"Material yang ada di lereng yang terguncang gempa ini dapat tersapu oleh air hujan dan dapat memberikan dampak ikutan berupa longsor ataupun banjir bandang," tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat untuk tidak mendekati lereng maupun bantaran sungai.

Baca Juga: Update Dampak Gempa M 5,6 Cianjur, BPBD: Jumlah Korban Meninggal 162 Jiwa

Kepala BMKG menyampaikan bahwa pihaknya belum dapat memastikan gempa di Cianjur itu berasal dari aktivitas atau pergerakan sesar Cimandiri atau sesar Padalarang.

"Jadi kami belum dapat memastikan sesar yang mana karena masih membutuhkan beberapa data yang harus kami cek langsung di lapangan dengan pengukuran," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x