Pidato Lengkap Presiden Jokowi dalam Pembukaan KTT G20 di Bali

- 15 November 2022, 16:41 WIB
Pidato Lengkap Presiden Jokowi dalam Pembukaan KTT G20 di Bali.
Pidato Lengkap Presiden Jokowi dalam Pembukaan KTT G20 di Bali. /Twitter @setkabgoid

Literasi News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di The Apurva Kempinski Bali, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 15 Agustus 2022.

Dihadapa negara dan anggota G20 ini Jokowi menyampaikan sejumlah hal penting diantaranya soal krisis yang sedang dihadapi dunia, kemudian rivalitas diantara negara-negara yang kian menajam, dan perang.

Berikut isi pidato resmi Jokowi dalam pembukaan KTT G20 di Bali :

Baca Juga: Simak! Link Streaming Puncak Acara KTT G20 di Bali 2022

"Yang Mulia Para Pemimpin, dengan ini saya nyatakan KTT G20 dibuka. Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia. Merupakan kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Saya paham, perlu upaya yang luar biasa agar kita dapat duduk bersama di ruangan ini.

Para pemimpin yang saya hormati, dunia sedang mengalami tantangan luar biasa. Krisis demi krisis terjadi. Pandemi Covid-19 belum usai, rivalitas terus menajam, perang terjadi.

Dan dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan, energi, dan keuangan sangat dirasakan dunia terutama negara berkembang. 

Masalah pupuk jangan disepelekan. Jika kita tidak segera mengambil langkah agar ketersediaan pupuk mencukupi dengan harga terjangkau, maka 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram.

Tingginya harga pangan saat ini dapat semakin buruk menjadi krisis tidak adanya pasokan pangan. Kelangkaan pupuk dapat mengakibatkan gagal panen di berbagai belahan dunia.

48 negara berkembang dengan tingkat kerawanan pangan tertinggi akan hadapi kondisi yang sangat serius. Selain itu, kita juga melihat tatanan dunia dan hukum internasional juga sedang diuji.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x