Presiden RI Jokowi Bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy, Dorong Terciptanya Perdamaian

- 29 Juni 2022, 21:30 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. /setkab.go.id/

Literasi News - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu 29 Juni 2022 sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Zelenskyy tampak sudah menunggu di pintu istana saat Presiden Jokowi turun dari kendaraan. Kemudian kedua pemimpin negara itu saling berjabat tangan dan menyapa.

Setelah penyambutan, Presiden Jokowi dan Zelenskyy masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama, pengenalan delegasi serta dilanjutkan dengan pertemuan.

Menurut informasi dari Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu 29 Juni 2022 malam, dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi akan berbincang dengan Zelenskyy untuk mengupayakan terciptanya perdamaian antara Ukraina dengan Rusia.

Sebelum bertemu Zelenskyy, Presiden Jokowi telah meninjau puing-puing kehancuran akibat perang di beberapa bangunan di Kota Irpin, serta menyerahkan bantuan kemanusiaan.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Rombongan Menuju Kyiev Ukraina Lewat Jalur Darat Menggunakan Kereta Luar Biasa

Saat peninjauan bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu, Presiden Jokowi menyatakan kehancuran yang disaksikannya sebagai hal yang menyedihkan, dan berharap tidak ada lagi kota di Ukraina yang mengalami kehancuran.

Seusai dari pertemuan dengan Zelenskyy, Presiden Jokowi dijadwalkan langsung kembali ke Polandia menggunakan Kereta Luar Biasa yang disediakan pemerintah Ukraina, untuk selanjutnya menuju Rusia guna bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara Biro Pers Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x