Sebanyak 99 WNI Telah Dievakuasi Keluar Dari Ukraina, Berikut Keterangan Menteri Luar Negeri RI

- 1 Maret 2022, 19:04 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyebutkan sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi keluar dari Ukraina.
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyebutkan sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi keluar dari Ukraina. /Kementerian Luar Negeri RI

Literasi News - Sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi keluar dari Ukraina. Seperti diketahui, konflik Rusia-Ukraina masih berkecamuk hingga saat ini.

Proses evakuasi itu dilakukan melalui berbagai proses yang telah berjalan dalam beberapa gelombang.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi, dalam pengarahan pers yang dipantau dari Jakarta, Selasa 1 Maret 2022, menjelaskan proses evakuasi WNI yang keluar dari Ukraina.

"Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 WNI dan WNA yang merupakan keluarga dari WNI kita. (Sebanyak) 99 WNI sudah keluar dari Ukraina, sekali lagi, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri," kata Menlu, dilansir Antara.

Retno menjelaskan, sebanyak 25 WNI yang dievakuasi melalui Odessa sudah tiba di Bukares, Rumania pada 27 Februari 2022 pukul 16:30 waktu setempat.

"Semua merupakan perempuan dan satu orang anak berumur sekitar 12 tahun," ujarnya.

Baca Juga: Jalan Layang Pasupati Bandung Resmi Berganti Nama Menjadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja

Selain itu, sebanyak enam orang WNI dan satu orang WNA yang merupakan anggota keluarga salah satu WNI telah berhasil dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia.

"Keenam WNI tersebut terdiri dari dua orang perempuan dewasa, tiga anak-anak dan satu bayi," jelasnya.

Kemudian, terdapat empat orang WNI yang terdiri dari dua pria dan dua anak, serta dua WNA yang merupakan pasangan dari para WNI, yang dijemput oleh tim KBRI Warsawa dari Mc D Ternopil, Lviv, Ukraina menuju Polandia dengan jarak tempuh 150 kilometer.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x