Jalan Layang Pasupati Bandung Resmi Berganti Nama Menjadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja

- 1 Maret 2022, 18:38 WIB
Jalan Layang Pasupati (Pasteur-Surapati) Kota Bandung resmi berganti nama menjadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja pada Selasa 1 Maret 2022.
Jalan Layang Pasupati (Pasteur-Surapati) Kota Bandung resmi berganti nama menjadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja pada Selasa 1 Maret 2022. /HUMAS BANDUNG

Literasi News - Kabar terbaru dari Kota Bandung Jawa Barat (Jabar). Jalan Layang Pasupati (Pasteur-Surapati) resmi berganti nama menjadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja pada Selasa 1 Maret 2022.

Penggantian nama jalan Jalan Pasupati menjadi Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja tersebut langsung diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Acara peresmian itu berlangsung di jalur masuk jalan tersebut.

Ridwan Kamil menjelaskan mengapa waktu peresmian jalan dipilih pada hari ini tanggal 1 Maret.

"Kenapa peresmiannya hari ini? Karena bertepatan dengan Hari Penegakan Kedaulatan Negara," kata Gubernur Jabar, seperti dilansir Antara.

Disebutkan, Prof Mochtar Kusumaatmadja adalah tokoh Sunda dan mantan dosen Universitas Padjadjaran yang menggagas konsep Wawasan Nusantara.

Serta memperjuangkan penerapannya sampai ke Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui jalur legal dan konstitusional. PBB menerima konsep Wawasan Nusantara pada 1982.

Baca Juga: Kereta Api Cibatu-Garut Diujicoba 1 Maret dan 3 Maret 2022, PT KAI: Gratis, 250 Kursi Disiapkan

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa Prof Mochtar Kusumaatmadja sebagai tokoh Jawa Barat yang perjuangannya membuat wilayah Indonesia menjadi 2,5 kali lipat lebih luas dari sebelumnya.

Wilayah Indonesia, tambah dia, menjadi lebih luas setelah laut dijadikan sebagai penghubung antar pulau, bukan pemisah daratan.

"Dan ini adalah perjuangan Prof Mochtar Kusumaatmadja, itu poin dari semua poin yang paling penting. Karena dulu, pada zaman Belanda, perhitungannya itu hanya tiga mil dari pantai," tuturnya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x