Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Senin 3 Januari 2022, Waspadai Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang

- 3 Januari 2022, 09:38 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG hari ini Senin 3 Januari 2022, potensi terjadinya hujan lebat, petir dan angin kencang.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG hari ini Senin 3 Januari 2022, potensi terjadinya hujan lebat, petir dan angin kencang. /PIXABAY/rachmadrinaldie

Literasi News - Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini Senin 3 Januari 2022.

BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat, petir dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia.

Menurut informasi BMKG yang dilansir Antara Senin 3 Januari 2022, hujan lebat disertai kilat dan petir diprakirakan terjadi antara lain di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Nusa Tenggara Barat.

Potensi cuaca serupa terjadi pula antara lain di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang antara lain di Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Baca Juga: Sejumlah Desa di Lumajang Dilanda Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, Jembatan Darurat Antardesa Terputus

Cuaca Ekstrem

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menekankan pentingnya manajemen pengelolaan air dalam menghadapi cuaca ekstrem akibat perubahan iklim.

Dia mengatakan pemerintah perlu menyiapkan berbagai skenario dari yang paling risiko rendah hingga skenario terburuk dengan risiko yang sangat tinggi. Mengingat pola cuaca ekstrem di Indonesia saat ini jauh lebih sering terjadi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Fenomena siklon bisa dikatakan sangat jarang terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia. Namun, selama 10 tahun terakhir kejadian siklon tropis semakin sering terjadi. Kondisi ini menunjukkan bahwa dampak perubahan iklim adalah benar-benar nyata," tuturnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x