Prakiraan Cuaca BMKG Minggu 19 Desember 2021, Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia

- 19 Desember 2021, 12:02 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG hari ini Minggu 19 Desember 2021, berpotensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG hari ini Minggu 19 Desember 2021, berpotensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia. /PIXABAY/PublicDomainPictures./

Literasi News - Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini Minggu 19 Desember 2021, berpotensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia.

Berdasarkan data BMKG dilansir Antara Minggu 19 Desember 2021, diprakirakan hujan lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia termasuk sebagian besar Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin berpotensi terjadi antara lain di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Potensi cuaca serupa bisa terjadi antara lain di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat serta Papua.

Sedangkan hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi antara lain di DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Baca Juga: Banjir Bandang dan Longsor Terjang Garut Selatan, BPBD: Tidak Ada Korban Jiwa

Khusus untuk daerah Jakarta, hujan petir diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta Selatan pada siang hari dengan hujan berintensitas sedang terjadi di Jakarta Timur.

Adapun hujan ringan berpotensi terjadi di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada siang dan malam hari. Hujan ringan diprakirakan juga terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada malam hari.

BMKG juga memperingatkan beberapa wilayah masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat yaitu wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara wilayah yang masuk dalam kategori waspada adalah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten dan Bali.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah