Banjir Bandang dan Longsor Terjang Garut Selatan, BPBD: Tidak Ada Korban Jiwa

- 18 Desember 2021, 20:33 WIB
Ilustrasi banjir.* Bencana banjir bandang dan longsor menerjang Garut Selatan. BPBD: tidak ada korban jiwa, namun merusak fasilitas umum dan rumah warga.
Ilustrasi banjir.* Bencana banjir bandang dan longsor menerjang Garut Selatan. BPBD: tidak ada korban jiwa, namun merusak fasilitas umum dan rumah warga. /@InfoHumasBMKG/

Literasi News - Bencana banjir bandang dan tanah longsor melanda wilayah selatan Kabupaten Garut Jawa Barat, Sabtu 18 Desember 2021.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menyebutkan, bencana itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun merusak fasilitas umum, pertanian dan rumah warga.

"Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, hanya kerusakan fasilitas publik dan rumah warga," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Sabtu 18 Desember 2021, dilansir Antara.

Satria menjelaskan, hujan deras yang berlangsung lama mengguyur wilayah selatan Garut itu menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir bandang di Kecamatan Mekarmukti dan Pakenjeng.

Akibat bencana tersebut, menurut dia, bangunan Puskesmas Mekarmukti bagian belakang rusak tertimpa longsor. Selain itu banjir menggenangi pemukiman warga akibat luapan Sungai Cikandang.

"Sarana publik Puskesmas Mekarmukti terkena longsor, dan di Pakenjeng banjir, rumah penduduk terganggu," ujarnya.

Baca Juga: Sebanyak 19 Desa di Jawa Barat Tergolong Daerah Risiko Tinggi Bencana, Simak Paparan BPBD

Satria mengatakan, jajarannya bersama aparat kecamatan dan desa setempat telah terjun ke lapangan untuk meninjau langsung apa saja yang terdampak akibat bencana itu.

Fasilitas umum yang rusak akibat bencana, menurut dia, selanjutnya oleh BPBD Garut akan dilaporkan ke dinas terkait untuk secepatnya dilakukan perbaikan.

"Langkah pertama kami melakukan antisipasi dan distribusi logistik untuk warga yang rumahnya terendam di Pakenjeng. Selanjutnya kami koordinasi dengan dinas terkait," tuturya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x