[BREAKING NEWS] Gempa Magnitudo 7,5 di Laut Flores, BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

- 14 Desember 2021, 11:35 WIB
Ilustrasi gempa.* Gempa bumi bermagnitudo 7,5 terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur. Gempa tersebut berpotensi memicu tsunami.
Ilustrasi gempa.* Gempa bumi bermagnitudo 7,5 terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur. Gempa tersebut berpotensi memicu tsunami. /pixabay.com/tumisu

Literasi News - Gempa bumi bermagnitudo 7,5 terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur. Semula gempa tersebut berpotensi memicu tsunami. Namun kabar terkini BMKG sudah mencabut peringatan dini tsunami.

"Gempa terjadi pada pukul 10:20 WIB sekitar 112 kilometer barat laut Larantuka dengan kedalaman 12 kilometer," kata Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, di Kupang, Selasa 14 Desember 2021, seperti dilansir Antara.

Dia menyampaikan hal itu berkaitan dengan gempa bumi yang dirasakan oleh warga di Pulau Flores dan sekitarnya.

Margiono menjelaskan, gempa bumi tersebut berpotensi memicu tsunami yang bisa melanda sejumlah wilayah di NTT maupun Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Oleh karena itu, Margiono meminta warga di wilayah yang berpotensi terdampak agar meningkatkan kewaspadaan atau berpindah ke tempat yang lebih aman untuk menghindari ancaman tsunami.

Margiono juga meminta pemerintah provinsi atau kabupaten/kota yang berada pada status awas agar segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Baca Juga: Pengamanan Nataru Disesuaikan Kebijakan Setiap Wilayah, Simak Penjelasan Polri

Gempa Susulan

BMKG juga menyatakan gempa susulan dengan magnitudo 5,5 terjadi di Laut Flores, sekira 129 kilometer di barat laut Maumere, pada Selasa pukul 10.47 WIB setelah gempa dengan magnitudo 7,5 yang terjadi pukul 10:20 WIB di 112 kilometer barat laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Menurut keterangan pers BMKG, gempa susulan itu pusatnya berada pada kedalaman 10 kilometer di 129 barat laut Maumere di Kabupaten Sikka, 134 kilometer timur laut Mbay di Kabupaten Nagekeo, 144 kilometer timur laut Ende, dan 357 kilometer barat laut Kupang.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah