Empat Provinsi Ini Masih Rendah Cakupan Vaksinasi Covid-19, Satgas Minta Kepala Daerah Berkoordinasi

- 18 November 2021, 19:55 WIB
Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.* Terdapat empat provinsi di Indonesia yang masih tergolong rendah cakupan vaksinasi Covid-19. Simak penjelasan Satgas.
Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.* Terdapat empat provinsi di Indonesia yang masih tergolong rendah cakupan vaksinasi Covid-19. Simak penjelasan Satgas. /kominfo.go.id/

Literasi News - Terdapat empat provinsi di Indonesia yang masih tergolong rendah cakupan vaksinasi Covid-19. Angka cakupannya lebih rendah dari rata-rata nasional.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebutkan, cakupan vaksinasi Covid-19 di empat provinsi yang masih tergolong rendah itu terdapat di Provinsi Riau, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito,
dalam konferensi pers yang diikuti via daring dari Jakarta, Kamis 18 November 2021, seperti dilansir Antara, menjelaskan, cakupan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap di empat provinsi itu baru berkisar 18 sampai 27 persen.

Wiku Adisasmito menjelaskan, angka cakupan itu masih jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata nasional cakupan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap yang tercatat 40 persen.

Dengan angka cakupan itu, Wiku menilai tingkat kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan di Provinsi Riau, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Maluku juga tergolong rendah.

Baca Juga: Prokes Mulai Kendor Di Ruang Publik, Pakar Ingatkan Masyarakat Tetap Terapkan 5M dan Vaksinasi

Menurut dia, 40 persen sampai 60 persen kabupaten dan kota di Provinsi Riau, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Maluku melaporkan tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan di wilayahnya rendah.

"Cakupan vaksinasi yang rendah terlebih apabila didukung tidak patuh protokol kesehatan dapat meningkatkan potensi penularan Covid-19 di tengah masyarakat," katanya.

"Untuk itu dimohon kepada gubernur bersama bupati atau wali kota dari Provinsi Riau, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Maluku untuk segera berkoordinasi agar dapat meningkatkan cakupan vaksinasi dan kepatuhan pada protokol kesehatan di wilayahnya," ujarnya.

Wiku mengharapkan, kepala daerah di empat provinsi tersebut harus memastikan posko penanggulangan Covid-19 tingkat desa atau kelurahan memantau penerapan protokol kesehatan di wilayah masing-masing.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x