Pergerakan Tanah Menerjang lima dusun di Mekarjaya, Kecamatan Campakamulya, Cianjur, Seratus Rumah Warga Rusak

- 2 November 2021, 17:42 WIB
Pergerakan Tanah Menerjang lima dusun di Mekarjaya, Kecamatan Campakamulya, Cianjur, Seratus Rumah Warga Rusak
Pergerakan Tanah Menerjang lima dusun di Mekarjaya, Kecamatan Campakamulya, Cianjur, Seratus Rumah Warga Rusak /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Seratusan rumah warga di lima kedusunan Desa Mekarjaya, Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat rusak akibat bencana pergerakan tanah yang menerjang kawasan itu, Selasa 2 November 2021.

Pergerakan tanah yang terjadi itu akibat hujan berintensitas tinggi mengguyur kawasan itu sejak kemarin siang hingga saat ini. Lima kedusunan yang terdampak pergerakan tanah, di antaranya Dusun Gunung Kembang, Cilimus, Mekarmulya, Leuwibitung, dan Konggas.

Kepala Desa Mekarmulya, Ahmad Saepudin mengatakan berdasarkan hasil pendataan sementara terdapat 100 rumah warga yang rusak akibat pergerakan tanah.

Baca Juga: Seorang Pengendara Motor di Cicalengka Meninggal Dunia Akibat Tertimpa Pohon Tumbang

Disebutkan Ahmad, ratusan rumah warga yang mengalami rusak itu mulai dari ringan, sedang, dan berat tersebar di lima kedusunan.

"Kondisi geografisnya memang tanahnya labil, ditambah guyuran hujan terjadi sejak siang kemarin. Sehingga menyebabkan pergerakan tanah," kata Ahmad, kepada wartawan, Selasa.

Selain merusak rumah warga, kata Ahmad, pergerakan tanah juga menyebabkan jembatan di Kampung Leuwibitung RT 04/04 terputus dan tidak dapat dilalui.

"Sejumlah jalan lingkungan juga mengalami retakan cukup dalam dan lebar akibat dari pergerakan tanah tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Film 'Susah Sinyal' The Series Episode 3 di Disney+ Hotstar

Diungkapkan Ahmad, tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa itu. Namun kerugian material di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x