Refleksi Harlah PKB ke-23, Syaiful Huda : Patriotisme Progresif, Proyek Historis Memperbaiki Keadaan Rakyat

- 22 Juli 2021, 14:36 WIB
Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda.
Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda. /Instagram @syaifulhooda/

Literasi News - Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda memberikan sejumlah catatan dalam peringatan hari lahir atau Harlah PKB ke-23 yang jatuh pada hari besok, Jumat, 23 Juli 2021.

Dalam catatannya Huda menuliskan bahwa amanat reformasi adalah amanat dan tugas sejarah PKB. Karena PKB Lahir dari rahim reformasi, yang sama-sama telah berusia 23 tahun.

Huda mengutip sebuah pernyataan sejarawan dan filusuf politik abad dua puluh Isaiah Berlin.

"Isaiah Berlin mengatakan; setiap pemimpin tidaklah hidup sekedar memerangi keburukan. Mereka hidup juga untuk menghadirkan kebaikan," tulis Syaiful Huda dikutip Literasinews.com dari unggahan akun Instagram @syaifulhooda pada kamis, 22 Juli 202

Baca Juga: Idul Adha 1442 H, Pupuk Kujang Bagikan 31 Hewan Kurban

Ketua Komisi X DPR RI ini menyebutkan dalam lanskap politik Indonesia setiap ada lompatan besar dalam sejarah politik Indonesia selalu tertawan masa lalu.

"Kebiasaan kita mengutuk masa lalu dengan cara mengulanginya, bukan dengan melampuinya. Untuk melampui masa lalu perlu konsepsi nasionalisme dan patriotisme yang progresif," tulis Huda.

Dia menjelaskan bahwa patriotisme yang progresif adalah patriotisme yang tidak cuma bersandar pada apa yang bisa dijebol dan dilawan, tetapi juga pada apa yang bisa dibangun dan dikembangkan.

Baca Juga: Soal Rangkap Jabatan Rektor UI, Komisi X DPR RI : Beresiko Jangka Panjang Terhadap Demokrasi Indonesia

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: Instagram @syaifulhooda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x