Awas ! Siklon Tropis Surigae, Diprediksi Bakal Berkembang Jadi Topan

- 14 April 2021, 23:57 WIB
BMKG : Awas Siklon Tropis Surigae! Diprediksi Bakal Berkembang Jadi Topan
BMKG : Awas Siklon Tropis Surigae! Diprediksi Bakal Berkembang Jadi Topan /BMKG/

Literasi News - Bibit Siklon Tropis di Utara Papua telah berkembang menjadi Siklon Tropis Surigae yang bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina. Demikian diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya.

BMKG memprakirakan Siklon Tropis atau Badai Tropis Surigae akan berkembang menjadi Badai Tropis Kuat (STS) dan bahkan Typhoon (TY) atau topan pada tanggal 16 April 2021.

"Saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Utara Sulawesi dan Sekitarnya berkisar 8 - 20 knot," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 14 April 2021.

Baca Juga: Siaran Langsung Semi Final Piala Menpora Putaran Pertama 15-16 April 2021 Live di Indosiar

Baca Juga: Siaran Langsung Perempat Final Liga Eropa Putaran Kedua Jumat 16 April 2021 Live di SCTV dan Vidio

Dwikorita menerangkan, Siklon Tropis atau Badai Tropis ini diprakirakan akan berkembang menjadi Badai Tropis Kuat (STS) dan bahkan Typhoon (TY) atau Topan pada tanggal 16 April 2021.

Oleh karena itu, Dwikorita mengimbau masyarakat untuk waspada dan tetap berhati-hati dengan potensi angin kencang, hujan lebat, dan dampak lanjutannya seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Dikatakannya, penamaan Siklon Tropis atau badai tropis Surigae ini diberikan oleh Japan Meteorogical Agency (JMA), termasuk analisis dan pergerakannya. Sebelumnya bibit siklon ini bernama 94W.

Baca Juga: Layanan SAGARURUNG KELI SALAI dan SEWUATI, Urus Adminduk e-KTP, KK, Akta dan Lainnya Jadi Mudah

Sementara itu, Deputi Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan dampak tidak langsung Siklon Tropis ini mengakibatkan kecepatan angin di utara Sulawesi dan sekitarnya diprakirakan akan terus meningkat secara bertahap hingga puncaknya pada 18 April 2021.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x