Gerakan Ekonomi di Masa Pandemi, DPW PKB Jabar Dirikan Foodbank

- 2 April 2021, 15:27 WIB
Gerakan Ekonomi di Masa Pandemi, DPW PKB Jabar Dirikan Foodbank.
Gerakan Ekonomi di Masa Pandemi, DPW PKB Jabar Dirikan Foodbank. /Literasinews/

Literasi News - Setelah melaunching Program Road to Aksi Melayani Indonesia (AMI) 2024, DPW PKB Jawa Barat (Jabar) langsung tancap gas. Salah satunya dengan mendirikan foodbank untuk mengerakan sektor riil masyarakat yang terdampak pandemi.

“Kami meluncurkan gerakan food bank untuk membantu masyarakat dan pedagang kecil yang terdampak pandemi. Kami berharap program ini bisa membantu masyarakat kurang mampu sekaligus menggerakkan perekonomian dari pelaku UMKM,” ujar Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, di sela pembagian makanan siap saji di Kantor DPW PKB Jabar Jalan Ahmad Dahlan Kota Bandung, Jumat, 2 April 2021

Dia menjelaskan konsep food bank dari DPW PKB Jabar agak berbeda dengan konsep foodbank pada umumnya. Jika gerakan foodbank lainnya lebih pada upaya untuk mengumpulkan sisa makanan, foodbank DPW PKB Jabar akan membeli makanan dari para pedagang kecil yang terdampak pandemik.

Baca Juga: Begini Kronologis, Anak Tebas Leher Bapak Kandungnya Hingga Tewas di Cugenang Cianjur

Baca Juga: Zaskia Sungkar dan Irwansyah Berbagi Cerita Kelahiran dan Pemberian Nama Anak Pertamanya

Makanan-makanan ini kemudian disalurkan kepada mereka yang membutuhkan seperti komunitas ojek online, anak yatim, hingga pedagang keliling.

“Dengan demikian di satu sisi omzet penjual makanan kembali naik, di sisi lain mereka yang membutuhkan bisa mendapatkan bantuan makanan siap saji,” katanya.

Huda mengungkapkan dampak pandemi Covid-19 secara ekonomi cukup luar biasa. Di sektor kuliner misalnya, rata-rata pedagang makanan seperti pemilik warung tegal, warung tenda, hingga pedagang kaki lima mengalami penurunan omzet hingga 70%.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka Dibuka Juli, Puan Maharani: Prinsipnya Harus Mengutamakan Keselamatan

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x