Jangan Kelewat, Kuota Internet Gratis Tahap 2 Oktober akan Dikirim Pekan Depan

- 24 Oktober 2020, 20:30 WIB
Seorang Siswi menunjukkan pesan pemberitahuan mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud di SMP NU Al Ma'ruf, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (29/9/2020). Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan subsidi kuota internet gratis untuk siswa sebesar 35 GB dan guru mendapat 42 GB serta untuk dosen dan mahasiswa sebesar 50 GB selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai September hingga Desember 2020. Guru juga butuh program agar bisa kuliah dengan biaya murah.ANTARA F
Seorang Siswi menunjukkan pesan pemberitahuan mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud di SMP NU Al Ma'ruf, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (29/9/2020). Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan subsidi kuota internet gratis untuk siswa sebesar 35 GB dan guru mendapat 42 GB serta untuk dosen dan mahasiswa sebesar 50 GB selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai September hingga Desember 2020. Guru juga butuh program agar bisa kuliah dengan biaya murah.ANTARA F /YUSUF NUGROHO/ANTARA FOTO

Literasi News - Bulan ini, Oktober 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota data internet gratis untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. 22 Oktober lalu, telah disalurkan 7,2 juta paket kuota internet tambahan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie mengatakan, bantuan yang dikirimkan pada tanggal 22 dan 23 Oktober merupakan bantuan kuota data tahap 1 di bulan ini. Sedangkan bantuan kuota data tahap dua akan dikirimkan pada 28 sampai 30 Oktober 2020.

Baca Juga: Polres Cianjur Gelar Pasukan Operasi Zebra Lodaya 2020, Ada Tujuh Prioritas Penindakan

Rinciannya, bantuan tersebut terdiri dari 946 ribu untuk jenjang PAUD; 5,3 juta untuk jenjang SD; 2,5 juta jenjang SMP; 1,6 jenjang SMA; 1,3 juta jenjang SMK, 35 ribu SLB, dan 27 ribu untuk kesetaraan. Selain itu, guru berjumlah 957 ribu, mahasiswa 915 ribu dan dosen 65 ribu.

Untuk jenjang pendidikan tinggi, lanjut dia, ada perbedaan mekanisme, di mana universitas perlu membuat SPTJM ulang di setiap bulannya. Hingga saat ini baru terdapat 912 ribu mahasiswa dan 65 ribu dosen yang akan menerima bantuan tahap satu bulan ini sehingga, total 977 ribu penerima bantuan di jenjang dikti.

Baca Juga: Dua Pria yang Foto Bugil di Gunung Gede Pangrango Minta Maaf

“Berdasarkan masukan dari berbagai pihak, baik dari pemerhati pendidikan, warga satuan pendidikan, maupun masyarakat umum, maka Kemendikbud menambah daftar aplikasi dan situs yang dapat diakses menggunakan kuota belajar,” kata Hasan, dalam siaran pers Kemendikbud RI, 22 Oktober 2020.

Daftar aplikasi dan situs telah ditambah hingga mencapai 2.690 aplikasi dan situs, yang terdiri atas 61 aplikasi pembelajaran, 5 aplikasi konferensi video, dan 2.624 laman kampus dan sekolah.

Baca Juga: Dengar Info Kartu PUMR, Nelayan Cipatujah Dukung Iwan-Iip Jadi Bupati Tasikmalaya

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x