Kemendikbud Buka Pendaftaran Program Guru Penggerak Angkatan Kedua, Ini Penjelasannya

- 14 Oktober 2020, 11:29 WIB
Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan /Dok. Kemendikbud/

Literasi News - Para guru di seluruh Indonesia yang ingin menjadi Guru Penggerak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran program guru penggerak angkatan kedua. Pendaftaran calon peserta Guru Penggerak angkatan kedua telah dibuka sejak 13 Oktober dan berakhir 7 November 2020.

Informasi terkait dengan seleksi calon peserta program Guru Penggerak dapat diakses pada laman kemdikbud, melalui link ini: :  sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

"Bagi mereka yang tertarik menjadi pemimpin masa depan sistem pendidikan di Indonesia, mereka yang tertarik melakukan perubahan dan berani mengambil risiko serta berinovasi, inilah kesempatannya. Mari ikuti program Guru Penggerak," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril dalam keterangan tertulis pada laman resmi kemendikbud, kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Hari Ini Draf UU Cipta Kerja Diserahkan ke Presiden, Saatnya Pihak yang Kontra Ajukan Gugatan ke MK

Dikatakan Iwan saat ini tercatat sebanyak 2.800 dari 19.218 guru dari seluruh Indonesia telah lulus program guru penggerak angkatan pertama, setelah menjalani proses seleksi yang ketat. Bagi yang telah lulus akan mengikuti pendidikan guru penggerak selama sembilan bulan.

Menurutnya kini Kemendikbud menantang para guru terbaik untuk mengikuti program Guru Penggerak angkatan kedua. Program tersebut bertujuan agar guru bisa menjadi agen perubahan guna memajukan ekosistem pendidikan di Indonesia yang berpusat pada murid.

Fokus program ini ada pada peningkatan hasil belajar murid yang tidak terlepas dari upaya peningkatan kompetensi guru. Para pendidik diminta menciptakan ekosistem pendidikan yang bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Baca Juga: Yuk Simak jadwal Tayangan ANTV, GTV, RCTI, SCTV, dan NET TV, Hari Ini Kamis 14 Oktober 2020

Guru Penggerak diharapkan bisa mendorong pertumbuhan murid secara holistik dan menjadi pelatih atau mentor bagi guru lain, menularkan pengalaman terbaik, di sekolah maupun lingkungan.***

Editor: Hasbi

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x