Odesa Indonesia: Literasi Pertanian dibutuhkan untuk Mengatasi Kemiskinan

- 13 Desember 2023, 06:29 WIB
Literasi Pertanian dibutuhkan untuk Mengatasi Kemiskinan.
Literasi Pertanian dibutuhkan untuk Mengatasi Kemiskinan. /Odesa Indonesia

Literasi News - Kemiskinan masih menjadi problem akut di Indonesia. Bukan hanya dari sisi jumlah yang tak kunjung berkurang, melainkan juga disebabkan oleh kelemahan strategi dari pemerintah yang sampai saat ini tidak melakukan gerakan literasi dalam perbaikan ekonomi rakyat miskin.

“Literasi atau edukasi adalah penerapan ilmu pengetahuan yang tujuannya untuk mengatasi masalah. Karena kemiskinan juga lekat dengan keterbelakangan pendidikan, maka usaha mengatasinya mesti menyertakan literasi dan ini yang tidak dilakukan oleh pemerintah,” kata Faiz Manshur, Ketua Odesa Indonesia saat berkegiatan Panen Bersama Tani Pekarangan di Kampung Tareptep Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Selasa 12 Desember 2023.

Baca Juga: Odesa Indonesia: Tani Pekarangan, Langkah Konkret Mengatasi Kemiskinan

Faiz menjelaskan, persoalan rendahnya pendapatan ekonomi penyebabnya beragam. Bisa disebabkan oleh lambatnya pembanguan infrastruktur, bisa juga disebabkan oleh hilangnya matapencaharian, atau bisa jadi juga disebabkan oleh lemahnya ilmu pengetahuan dan skill sehingga orang tidak adaptif dengan perubahan zaman.

Literasi Pertanian.
Literasi Pertanian.

Literasi pertanian.
Literasi pertanian.

“Di atas masalah itu, literasi harus diagendakan sebagaimana yang kami lakukan dan itu bisa memperbaiki keadaan. Ilmu pengetahuan adalah sumber primer untuk mengatasi persoalan hidup,” papar Faiz.

Menurut Faiz, eksperimen literasi untuk rakyat miskin yang dilakukan oleh organisasinya, Odesa Indonesia terbukti bisa menciptakan kemajuan demi kemajuan. Hal tersebut serupa dengan peningkatan kapasitas di sektor lain, serupa dengan tindakan upgrading sumberdaya manusia di lingkungan perusahaan. Warga miskin yang ikut program Odesa Indonesia diajak untuk memahami masalah-masalah konkret yang dihadapi masyarakat dan dari situ bacaan disertakan untuk memandu warga mengenali masalah selanjutnya mencari solusinya.

Baca Juga: Keseruan Puncak Shopee 12.12 Birthday Sale TV Show, JKT48 dan Deretan Artis Lain Tampil Memukau

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah