Odesa Indonesia: 6 Strategi Pemberdayaan Masyarakat Petani Desa

- 8 Desember 2023, 14:57 WIB
Odesa Indonesia: 6 Strategi Pemberdayaan Masyarakat Petani Desa.
Odesa Indonesia: 6 Strategi Pemberdayaan Masyarakat Petani Desa. /Odesa Indonesia

Literasi News - Mengubah perilaku bertani di kalangan petani bukanlah hal mudah. Kebiasaan usaha petani yang telah dijalankan turun-temurun telah membentuk mentalitas sekalipun hal tersebut tidak menguntungkan bahkan merusak lingkungan.

Lantas bagaimana jika kita ingin terjadi perubahan ke arah yang lebih baik?

Toha Odik (43 tahun), seorang petani di Cimenyan Kabupaten Bandung memiliki pengalaman dengan enam strategi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat petani di desa.

Baca Juga: Atasi Lahan Kritis, Yayasan Odesa Indonesia Gerakkan Petani Binaan Tanam 2.000 Pohon di KBU

“Pertama kita harus menyertakan modal materi. Kedua menanamkan pikiran baru. Ketiga memberi contoh langsung. Keempat, harus ada kerjasama antar petani dan selain petani. Kelima, menjaga kepercayaan. Keenam, memberikan apresiasi yang positif pada mereka yang mau bertindak mengambil peran,” kata Toha di sela kegiatan sosialisasi pembagian bibit kepada petani Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Kamis, 7 Desember 2023.

Toha adalah ketua Himpunan Orang Tani Niaga (Hotani), sebuah organisasi kelompok tani yang berada di bawah Organisasi Odesa Indonesia.

Melalui organisasinya yang didirikan 11 April 2017 tersebut memiliki pengalaman yang menarik terkait mengubah perilaku petani.

Para petani yang selama ini hanya memilih menanam sayuran secara monokultur dan mau berubah ke arah sistem polikultur dengan menanam pohon buah-buahan termasuk tanaman kelor dan hanjeli.

Bahkan lebih dari itu, Toha juga bisa membuktikan para petani kecil yang tidak mengenal budidaya tani pekarangan sekarang mau menjalankannya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x