Best Practice Metode Star, Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

- 28 November 2023, 14:18 WIB
Best Practice Metode Star, Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran.
Best Practice Metode Star, Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran. /Dok Siti Amaliah, S.Pd.

Literasi News - Link laporan BEST PRACTICE METODE STAR' (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi, dan Dampak) yang disusun oleh Siti Amaliah S.Pd. bisa kamu dapatkan di bagian akhir artikel.

Best practice merupakan salah satu bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru. 

Guru SMPN 2 Cisalak, Siti Amaliah, S.Pd. mempublikasikan laporan berjudul Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Baca Juga: Pikiran-Rakyat.com Raih Penghargaan Media Daerah Terproduktif di Indonesia dari OJK

"Praktik ini Penting untuk dibagikan, sebagai refleksi dan media motivasi khususnya bagi diri saya sendiri agar dapat melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif sesuai tuntutan pembelajaran abad 21 pada kegiatan pembelajaran berikutnya agar kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat berkembang dengan baik," kata Siti Amaliah, S.Pd. dalam laporannya.

Materi Publikasi

1.Topik Bahasan Pengaruh Pencemaran Tanah terhadap kelangsungan hidup Cacing.

2. Topik Bahasan Pengaruh Pencemaran Air terhadap kelangsungan hidup Ikan.

Sekilas latar belakang

Berdasarkan hasil pengamatan, hasil kajian beberapa literatur berupa artikel dan jurnal ilmiah dan wawancara kepada teman sejawat serta kepala sekolah, maka dapat di analisis bahwa latar belakang masalah yang telah diidentifikasi adalah sebagai berikut:

1.Pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini membuat peserta didik kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, melainkan hanya diam mendengarkan penjelasan guru, sehingga peserta didik belum dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x