Ketua DPR RI Puan Maharani Meminta Pemerintah Evaluasi Sistem Zonasi PPDB

- 15 Juli 2023, 18:15 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani Meminta Pemerintah Evaluasi Sistem Zonasi PPDB
Ketua DPR RI Puan Maharani Meminta Pemerintah Evaluasi Sistem Zonasi PPDB /

Literasi News- Ketua Dewan Perwakilan Rakyan Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani meminta pemerintah melakukan evaluasi sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB), akibat potensi kecurangan pada sistem zonasi.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, Puan mendorong evaluasi dilakukan karena ditemukan-nya manipulasi data kependudukan untuk memanfaatkan jalur afirmasi.

Kata dia, data kependudukan yang didaftarkan dalam sistem PPDB itu tidak sesuai dengan data di lapangan, alias ada dugaan dilakukannya manipulasi data kependudukan. Upaya itu agar bisa diterima di sekolah pilihan dengan memanfaatkan kuota jalur afirmasi.

Baca Juga: Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Siap Hadapi Pemilu 2024

Jalur afirmasi sendiri merupakan jalur penerimaan siswa untuk anak yang berasal dari kalangan keluarga ekonomi kurang mampu dan anak penyandang disabilitas

Puan meminta pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengevaluasi sistem zonasi. Sementara terkait jalur afirmasi, Kemendikbud diminta untuk melakukan pengawasan ketat.

Pernyataan tegas itu disampaikan Puan, setelah adanya berbagai dugaan pungutan liat (Pungli) PPDB yang terjadi di Garut terkait PPDB 2023. bahkan, di Kota Bogor, Jawa Barat, ditemukan sekitar 300 aduan indikasi manipulasi PPDB, termasuk terkait zonasi dan jalur afirmasi.

Baca Juga: Persib Bandung Belum Bisa Raih Kemenangan, Bukan Jadi Alasan Luis Milla Mundur

Disdik Bogor bahkan mencoret 208 nama siswa yang disinyalir berbuat curang dalam proses penerimaan peserta didik baru jalur zonasi untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x