Demi Kemajuan Desa, Gus Muhaimin Usul Kementan Dilebur ke Kemendesa

- 22 Desember 2022, 17:14 WIB
Ketua Umum PKB Gus Muhaimin tengah menyapa  ribuan relawan Bagus di Jawa Barat
Ketua Umum PKB Gus Muhaimin tengah menyapa ribuan relawan Bagus di Jawa Barat /Dokumen /

Literasi News - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengusulkan Kementerian Pertanian (Kementan) dilebur menjadi satu dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tansmigrasi (Kemendes PDTT).

Hal itu ia ungkapkan saat menyapa ribuan Relawan Bagus Muhaimin Jawa Barat di Agrowisata Tirta Kahuripan, Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta pada Rabu malam (21/12/2022).

Awalnya pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu memperlakukan kiprah dan peran penting Kemendesa selama ini. Menurut dia Kemendesa punya peran sentral dan tepat sebab menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia dari bawah.

Baca Juga: Inilah Keistimewaan Orang yang Lahir di Bulan September, Oktober, November dan Desember, Menurut Kitab Primbon

"Uang negara tidak harus habis di atas, tapi harus habis di tingkat bawah, di pendidikan dan Desa," kata Gus Muhaimin.

“Tahu nggak ketika krisis ekonomi, di atas gelempangan tidak mampu, justru yang di bawah yang bisa nahan. Kemarin saat pandemi semua sektor rontok, hanya pertanian yang punya daya tahan, dan itu Desa,” imbuhnya.

Setelah menyampaikan peran penting Kemendesa, Gus Muhaimin lantas mengusulkan Kementan untuk dilebur menjadi satu dengan Kemendesa. Ia beralasan dua Kementerian ini punya peran yang hampir sama, dan jika disatukan bukan tidak mungkin akan lebih memberi dampak nyata bagi kemajuan Desa.

“Kalau ide Kementerian Desa harus bertahan itu terlalu sederhana, bahkan Kementerian Pertanian harus ditarik menjadi bagian Kementerian Desa. Supaya apa? Supaya jelas apa yang menjadi kebutuhan Desa tertangani secara sistematis sesuai kebutuhan Desa,” ujarnya.

Gus Muhaimin menjelaskan ada dua sektor, yang harus mendapat perhatian perubahan mendasar melalui pembangunan dari bawah. "Pembangunan dari bawah apa itu? Desa! Pembangunan tidak dari atas tapi dari desa," katanya.

Baca Juga: Gus Muhaimin Sapa Ribuan Relawan Bagus Muhaimin di Jabar: 'Perubahan Harus Melalui Gerakan Politik'

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x