Mendikbudristek Menilai RUU Sisdiknas Jadi Jawaban Keluhan Banyak Guru, Terutama Soal Tunjangan Profesi

- 12 September 2022, 16:08 WIB
Ilustrasi guru mengajar.* RUU Sisdiknas dinilai merupakan jawaban bagi keluhan banyak guru selama ini.
Ilustrasi guru mengajar.* RUU Sisdiknas dinilai merupakan jawaban bagi keluhan banyak guru selama ini. /ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Literasi News - Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) merupakan jawaban bagi keluhan banyak guru selama ini.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 12 September 2022.

"Jadi sebetulnya, RUU Sisdiknas ini adalah kabar gembira bagi semua guru. Saya ingin sekali ketemu dengan semua guru, berbicara secara langsung dan menjelaskan betapa besarnya potensi RUU Sisdiknas untuk meningkatkan kesejahteraan para guru,” katanya.

Mendikbudristek menjelaskan, ada beberapa terobosan kesejahteraan guru dalam RUU Sisdiknas. Pertama, RUU Sisdiknas menjamin guru-guru yang sudah menerima tunjangan profesi akan tetap menerimanya hingga pensiun.

Saat ini ada sekitar 1,3 juta guru yang sudah menerima tunjangan profesi. Menurut Nadiem, para guru ini dijamin akan tetap menerima tunjangan profesi yang sudah diberikan hingga pensiun. Hal tersebut diatur dalam dalam pasal 145 ayat (1) RUU Sisdiknas.

Baca Juga: Festival Indonesia Bertutur : Narasi 20 Cagar Budaya, Ruwatan Bumi & Doa Masyarakat Adat Indonesia untuk Dunia

"Secara eksplisit, ini sudah ada jaminannya. Ada ketentuan transisi yang menjadi pengganti dari undang-undang yang dicabut. Jadi itu aman," tuturnya.

Di sisi lain, masih terdapat sekitar 1,6 juta guru yang belum sertifikasi, sehingga belum menerima tunjangan profesi.

"Jika RUU Sisdiknas ini diluluskan, mereka akan bisa langsung menerima tunjangan tanpa harus menunggu proses sertifikasi dan mengikuti program PPG (pendidikan profesi guru) yang antreannya panjang," katanya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemendikbudristek Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x