PTN BLU Diminta Akselerasi Kinerja Anggaran, Berikut Penjelasan Kemendikbud Ristek

- 24 November 2021, 12:21 WIB
Ilustrasi Kampus.* Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) diminta untuk akselerasi Kinerja Anggaran.
Ilustrasi Kampus.* Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) diminta untuk akselerasi Kinerja Anggaran. /Pixabay/Wokandapix

Literasi News - Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) diminta untuk melakukan akselerasi kinerja dan mengoptimalkan daya serap anggaran.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana tugas Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek, Nizam, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Jakarta, Rabu 24 November 2021.

Nizam menjelaskan bahwa akselerasi kinerja anggaran perlu dilakukan oleh setiap PTN-BLU, mengingat saat ini periode pelaksanaan anggaran sudah memasuki fase triwulan empat atau fase akhir tahun anggaran 2021.

Selain itu, menurut Nizam, kinerja anggaran PTN-BLU pada tahun 2021 ini akan menjadi basis perencanaan alokasi anggaran PTN-BLU pada tahun 2023.

"Kami sangat berharap anggaran yang sudah dialokasikan tahun 2021 ini dapat diserap maksimal dan dioptimalkan pemanfaatannya," katanya.

Baca Juga: Mulai Tahun 2022, Dibuka Program Diploma Dua Jalur Cepat, Berikut Penjelasan Kemendikbud Ristek

Nizam menyebutkan bahwa kinerja anggaran pada tahun 2021 akan berdampak pada perencanaan alokasi anggaran tahun-tahun berikutnya. Sebagai Badan Layanan Umum, PTN-BLU memiliki fleksibilitas dalam mengelola dan memanfaatkan anggaran yang telah dialokasikan oleh pemerintah.

Nizam mencontohkan anggaran yang belum terserap dapat dioptimalkan untuk pengadaan berbagai peralatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tatap muka.

Oleh karena itu, Nizam berharap PTN-BLU mampu menjadi motor penggerak akselerasi kinerja anggaran satuan kerja Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: Riset Terapan Perguruan Tinggi Vokasi, Harus Mampu Penuhi Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x