Kemendikbud Ristek Gelar Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia 2021 Tingkat SMA dan Sederajat

- 16 November 2021, 17:17 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Jumeri, membuka acara Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2021 tingkat SMA dan sederajat, Selasa 16 November 2021.
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Jumeri, membuka acara Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2021 tingkat SMA dan sederajat, Selasa 16 November 2021. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2021 tingkat SMA dan sederajat digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), pada 16 November hingga 20 November 2021.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Jumeri, menyampaikan apresiasi kepada para peserta KoPSI 2021 yang selalu semangat berprestasi di tengah pandemi.

"Saya sungguh berbahagia dapat menyapa para siswa terbaik, bertalenta di bidang riset dan inovasi yang ikut serta dalam KoPSI 2021," kata Jumeri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 16 November 2021, seperti dilansir Antara.

Disebutkan, sebanyak 175 naskah terbaik dari 2.377 proposal yang diajukan oleh siswa Indonesia akan berkompetisi pada KoPSI 2021 dengan diikuti oleh 372 siswa finalis dari 98 SMA, 26 MA, serta satu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Jeddah, Arab Saudi.

Baca Juga: Alhamdulillah, Ada Bantuan Kuota Data Internet Gratis Kepada 21,29 Juta Penerima Periode November 2021

Jumeri menjelaskan, riset dan penelitian merupakan cara untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi manusia. "Manusia harus mencari pengetahuan-pengetahuan baru, mencari wawasan baru agar hidup lebih baik dengan melakukan riset dan penelitian," tuturnya.

Melalui KoPSI 2021, menurut Jumeri, dapat menjadi salah satu program yang berkontribusi untuk meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, serta meningkatkan kemampuan berpikir logis dan analitis.

Selain itu, KoPSI 2021 juga dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama dalam kelompok, meningkatkan kemandirian, kepercayaan diri, serta meningkatkan keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulisan melalui karya ilmiah.

"(KoPSI) Ini adalah kombinasi dari kemampuan literasi, numerasi tingkat tinggi yang dimiliki oleh anak-anakku semua," ucap Jumeri.

Baca Juga: Jawa Timur Juara Umum Kompetisi Sains Nasional 2021, Diikuti DKI Jakarta dan Jawa Barat

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x