Bacaan Doa Bila Menghadapi Perkara Berat Yang Tidak Terelakan

- 29 Januari 2021, 06:51 WIB
Ilustrasi berdoa agar dilepaskan dari tempaan cobaan.
Ilustrasi berdoa agar dilepaskan dari tempaan cobaan. //pixabay

Literasi News - Ada masa dimana kita dihadapkan kepada situasi yang sangat sulit yang tidak bisa terelakkan lagi, kita sebagai muslim jangan lemah dan putus asa harus tenang dan tentunya hati- hati. Selain berusaha dengan sekuat daya dan upaya, tentunya kita berdoa kepada Alloh Swt, karena doa merupakan manifestasi keimanan dan penghambaan kita kepada Alloh Swt, dan dengan doa inilah seorang hamba akan menjadi dekat dengan Rabbnya.

Sebab doa merupakan sarana _Taqorrub_ yang diperintahkan Oleh Alloh Swt. Serta telah di contohkan oleh Rasululloh Saw.

Baca Juga: Catatan Umroh di Masa Pandemi: Sehari Sebelum Berangkat, Cemas Menunggu Hasil Swab

Berikut doa bila menghadapi perkara berat yang tidak terelakan lagi, yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw.

روينا فى صحيح مسلم عن أبي هريرة رضي الله عنه، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : المؤمن القوي خير وأحب الى الله من المؤمن الضعيف، وفى كل خير ، إحرص على ما ينفعك، واستعن باالله ولاتعجزن ، وإن اصابك شيئ فلا تقل : لوأنى فعلت كذا وكذا ولكن قل: قدر الله وما شاء فعل فإن لو تفتح عمل الشيطان.
Artinya:
_Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai oleh Alloh Swt. Dari pada orang mukmin yang lemah, tetapi masing- masing terkandung kebaikan. Rajinlah mengerjakan apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Alloh, dan jangan sekali kali kamu patah semangat ( lemah) apabila kamu tertimpa suatu musibah, janganlah kamu mengatakan, " seandainya aku berbuat, niscaya akibatnya akan demikian dan demikian" tetapi katakanlah , "Alloh telah menentukan, dan apa yang dikendakin- Nya niscaya akan berlangsung", karena sesungguhnya mengandai - andai itu dapat membuka perbuatan setan.

Baca Juga: Jadwal Samsat Keliling Kabupaten Bandung Hari Ini, Jumat 29 Januari 2021, Ada di 4 Tempat

وروينا فى كتاب سنن أبي دواد عن عوف بن مالك رضي الله عنه ، أن النبي صلى الله عليه وسلم قضى بين رجلين ، فقال المقضي عليه لما ادبر: حسبي الله ونعم الوكيل ، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: إن الله يلوم على العجز، ولكن عليك بالكيس ، فإذا غلبك أمر فقل : *حسبي الله ونعم الوكيل*.

Nabi Saw. Pernah memutuskan peradilan diantara dua orang lelaki. Berkatalah orang yang terkena sanksi ( kalah) ketika berpaling pergi, " cukuplah Alloh sebagai penolongku,dan Alloh sebaik- baiknya pelindung." Maka Nabi Saw bersabda, "sesungguhnya Alloh Swt mencela sikap patah semangat (lemah), tetapi hendaklah kamu bersikap tenang. Apabila ada suatu perkara yang memberatkanmu, hendaklah kamu ucapkan,

حسبي الله ونعم الوكيل
"Hasbiyal loohu Wa ni' mal Wakiil"

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x