Muhasabah Pagi: Jadilah Manusia Cerdas

- 27 Januari 2021, 06:35 WIB
Ilustrasi. Muhasabah Pagi:  Jadilah Manusia yang Cerdas
Ilustrasi. Muhasabah Pagi: Jadilah Manusia yang Cerdas /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Hidup ini adalah rangkaian dari hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan dan tahun demi tahun yang akhirnya sampai pada batas kehidupan kita.

Disadari atau tidak kita semua menuju pada titik akhir kehidupan di dunia ini, siapapun tdk akan dapat mengelak dari batas akhir kehidupan kita.

Keni'matan hidup di dunia ini telah melahirkan banyak sikap manusia kepada kehidupan setelah kematian. Ada yang larut ke dalam kehidupan di dunia, ada yang lalai meskipun terkadang ingat akan kematian.

Baca Juga: Aplikasi Quran Kemenag Miliki Fitur Baru. Simak Uraiannya Disini

Namun ada juga yang cerdas yaitu manusia yang selalu mengingat kehidupan setelah kematian. Hadits Nabi SAW menjelaskan siapa orang yang cerdas itu

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ قَالَ : كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ قَالَ : « أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا ». قَالَ فَأَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ قَالَ : « أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ ».

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Aku pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Yang paling baik akhlaknya.”

“Lalu mukmin manakah yang paling cerdas?”, ia kembali bertanya. Beliau bersabda, “Yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.” (HR. Ibnu Majah no. 4259).

Baca Juga: Ini Prosedur Baru Penyaluran Bansos Kemensos, Penerima Harus di Foto. Simak Penjelasan Mensos Risma

Semoga kita bisa menjadi ummat yang cerdas yang selalu mengingat kehidupan setelah kematian. Selamat berjuang untuk terus mengumpulkan bekal kebaikan untuk kehidupan kita setelah mati kelak. Selamat berjuang.
Semoga bermanfaat.***
(H. Asep Dadan Wildan, M.A)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x