Bantuan Kuota Internet Gratis Untuk Belajar Akan Naik Jadi 10 GB

- 30 November 2020, 07:00 WIB
Seorang Siswi menunjukkan pesan pemberitahuan mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud di SMP NU Al Ma'ruf, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (29/9/2020). Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan subsidi kuota internet gratis untuk siswa sebesar 35 GB dan guru mendapat 42 GB serta untuk dosen dan mahasiswa sebesar 50 GB selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai September hingga Desember 2020. Guru juga butuh program agar bisa kuliah dengan biaya murah.ANTARA F
Seorang Siswi menunjukkan pesan pemberitahuan mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud di SMP NU Al Ma'ruf, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (29/9/2020). Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan subsidi kuota internet gratis untuk siswa sebesar 35 GB dan guru mendapat 42 GB serta untuk dosen dan mahasiswa sebesar 50 GB selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai September hingga Desember 2020. Guru juga butuh program agar bisa kuliah dengan biaya murah.ANTARA F /YUSUF NUGROHO/ANTARA FOTO

Literasi News - Mulai bulan Desember 2020 bantuan quota internet gratis sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid 19 akan dinaikan, hal itu diungkapkan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda.

"Saya minta bantuan Kuota internet yang telah diberikan pemerintah melalui Kemendikbud dimanfaatkan semaksimal mungkin."ujar Huda dalam acara Workshop Pendidikan di Hotel Universal Bandung dihadiri para kepala sekolah beberapa waktu yang lalu.

Kuota internet yang diberikan selama empat bulan di tahun 2020 itu, besarnya pada bulan Desember akan Kemendikbud naikan menjadi 10 GB dari sebelumnya yang hanya 5GB.

Baca Juga: Bantuan Subdisi Upah (BSU)dari Kemenag Belum Masuk Rekening? Cek Dengan Cara Berikut

"Saya sudah temui kepala Pusdatin dan Mas Mendikbud, untuk menaikan bantuan Kuota internet, sudah sepakat termasuk dengan pihak providernya bahwa bantuan Kuota internet akan dinaikan bulan depan menjadi 10GB."papar Huda dalam sambutannya di acara Workshop Pendidikan di Bandung, Sabtu 28 November 2020.

Untuk informasi jika bantuan Kuota gratis dari Kemendikbud belum kunjung anda terima diharap untuk melapor kesetiap sekolahnya masing-masing dan ajukan no hp ke sekolah atau keperguruan tinggi yang nomornya dalam kondisi aktif.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan telah memberikan berbagai bantuan kepada seluruh warga satuan pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini, lanjut Presiden Joko Widodo, agar kualitas pembelajaran tetap terjaga. “Bantuan paket pulsa internet untuk pelajar dan guru, dan berbagai program peningkatan kualitas guru telah disediakan pemerintah,” ujar Presiden Joko Widodo, saat memperingati Hari Guru Nasional, di Jakarta pada 25 November 2020.

Baca Juga: Positif Covid-19! Ketum PBNU KH. Said Aqil Menyampaikan Pesan dan Memohon Doa Kesembuhan
 
Diterangkan dalam petunjuk teknis tersebut bahwa bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi; dan Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/. ***

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x