Indonesia Memanggil! Butuh 1 Juta Guru, Semua Guru Honorer se-Indonesia Bisa Jadi ASN PPPK

- 23 November 2020, 15:30 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. /Dok. Kemendikbud/kemdikbud.go.id


Literasi News - Berdasarkan data pokok pendidikan Kemendikbud, jumlah guru ASN yang tersedia di sekolah negeri hanya 60 persen dari jumlah yang dibutuhkan. Jumlah itu pun, dalam 4 tahun terakhir terus menurun rata-rata 6 persen setiap tahun

"Ini menyebabkan sulitnya pelayanan optimal bagi para siswa. Di sisi lain, banyak guru non PNS ato honorer yang berkompetensi baik, tapi kesejahteraannya kurang terjamin," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, dalam siaran langsung di channel youtube KEMENDIKBUD RI, Senin, 23 November 2020.

Menurut Nadiem, satu-satunya cara untuk meningkatkan pelayanan terhadap pserta didik ialah dengan mencukupi jumlah pendidik. Sementara, formasi dari CPNS seleksi CPNS tidak akan menutupi kebutuhan guru yang mencapai 1 juta.

Baca Juga: Simak yuk! Ini Ketentuan Untuk Mendapatkan Uang Puluhan Juta Bagi Peserta Prakerja

Oleh karena itu, pemerintah membuka membuka kesempatan para guru honorer menjadi ASN yang tercatat sebagai PPPK. "Dengan demikian, bisa meningkatkan kesejahteraan para guru honorer," katanya.

Seleksi PPPK, kata Nadiem, dibuka tahun 2021. "Banyak guru honorer yang cerdas, punya kompetensi, dan layak menjadi ASN tetapi honornya Rp100.000 atau Rp200.000. Nah, ini jawaban pemerintah agar kesetaraan kesejahteraan mereka bisa setara ASN," kata Nadiem.

Seleksi PPPK adalah upaya pemerintah memberi kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer untuk membuktikan kompetensi mereka bahwa layak menjadi ASN.

Baca Juga: Indonesia Memanggil! Guru Honorer & Eks THK II Siapkan Diri Menjadi ASN di tahun 2021

Lalu, siapa saja yang bisa ikut seleksi PPPK?

a. Guru honorer, termasuk guru-guru eks Tenaga Honorer Kelompok II
b. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x