Vaksinasi Covid-19 Bulan November, Komisi IX: Jangan PHP, Vaksin yang Mana?

- 18 Oktober 2020, 11:17 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetyani (akun Facebook Netty Prasetyani Heryawan)
Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetyani (akun Facebook Netty Prasetyani Heryawan) /

Literasi News – Anggota Komisi X DPR RI, Netty Prasetyani Heryawan mempertanyakan beberapa kalangan yang menyebutkan vaksin Covid-19 sudah bisa dilakukan Bulan November 2020 ini.

Hingga saat ini belum ada satu jenis vaksinpun yang bisa diberikan untuk masyarakat di Indoensia, dalam rangka menanggulangi wabah global virus corona.

“Maka kalau ada janji surga, PHP, bahwa bulan November bisa disuntikkan, itu vaksin yang mana?” ujar Netty dalam dialog Polemik MNC Trijaya bertajuk “Yakinn dengan Vaksin?”, Sabtu 17 Oktober 2020.

Baca Juga: Aman Buat e-KTP, KK Hingga Akta Kelahiran, di Masa Covid-19 Daftar di Aplikasi Ini, Begini Caranya

Faktanya, jelas Netty, ketika Komisi IX berkunjung ke PT Biofarma yang digadang-gadang tengah memproduksi vaksin Covid-19 Merah Putih, belum bisa memenuhi kebutuhan dalam waktu cepat, apalagi bulan Novemver mendatang.

Bahkan berdasarkan tahapan produksinya, perusahaan plat merah ini baru bisa merampungkan vaksin Covid-19 Merah Putih pada 2022 mendatang. Vaksin tersebut saat ini masih dalam proses pengembangan di Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, di mana tahun depan baru masuk tahap uji klinis ke manusia.

Baca Juga: 5 Tips Usir Virus Corona dalam Ruangan

Termasuk, rencana pemenuhan vaksin dari beberapa produsen di China seperti CanSino, G42 (Sinopharm), dan Sinovac.

“Pemerintah akan membeli vaksin jadi, namnya CanSino dari Yunan, China, itupun terbatas hanya akan diberikan khusus bagi tenaga kesehatan dan frontliner seperti TNI dan Polri,” kata anggota Fraksi PKS ini.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah