Pemerintah Diingatkan Pastikan Demo Tolak Hasil Pemilu 2024 Berjalan Kondusif

- 19 Maret 2024, 14:00 WIB
Pemerintah Diingatkan Pastikan Demo Tolak Hasil Pemilu 2024 Berjalan Kondusif
Pemerintah Diingatkan Pastikan Demo Tolak Hasil Pemilu 2024 Berjalan Kondusif //Gambar Kolase Jurnal Ngawi /Gambar Kolase Jurnal Ngawi

Literasi News- Pakar/pengamat Komunikasi Politik Antonius Benny Susetyo menilai pemerintah harus memastikan jalannya demonstrasi massa yang menolak hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan dengan kondusif.

Hal tersebut dapat dilakukan pemerintah dengan tidak menghambat proses demonstrasi massa di lapangan. "Jangan sampai benturan terjadi karena komunikasi tersumbat,” kata Benny dalam siaran persnya, Senin.

Hak tersebut harus disalurkan agar masyarakat dapat mengutarakan aspirasi dan kritiknya kepada pemerintah. Aksi demonstrasi justru akan berubah menjadi anarkis jika pemerintah memakai alat negara untuk menghalangi masyarakat menggunakan hak tersebut.

Baca Juga: Sah! Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 KPU RI di 32 Provinsi Indonesia

Menurut Benny, demonstrasi merupakan bagian dari hak untuk berdemokrasi milik masyarakat yang harus dilindungi.

Dengan demikian, dia meyakini hak demokrasi masyarakat akan tetap terjaga tanpa adanya aksi kekerasan dan pertumpahan darah.

Benny menilai potensi kekerasan dalam aksi massa memprotes hasil Pemilu 2024 sangat kecil. Namun demikian, dia meminta pemerintah membentuk ruang dialog di mana (KPU) sebagai penyelenggara bisa menjelaskan seluruh unsur yang dianggap janggal selama proses pemilu.

Baca Juga: Simak Jadwal dan Tahapan Pilkada Kabupaten Cianjur 2024 Resmi dari KPU RI

Di saat yang sama, Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara juga meminta pemerintah bersikap humanis kepada kelompok massa yang akan menggelar demonstrasi menolak Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah