Soal Penanganan Stunting, Bupati Subang: Perencanaan yang Baik Perlu Diutamakan

- 12 Desember 2023, 12:09 WIB
Soal Penanganan Stunting, Bupati Subang: Perencanaan yang Baik Perlu Diutamakan.
Soal Penanganan Stunting, Bupati Subang: Perencanaan yang Baik Perlu Diutamakan. /Prokompim Subang

Literasi News - Bupati Subang H. Ruhimat hadiri Roadshow Sosialisasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) dan percepatan penurunan stunting dalam rangka hari Ibu tahun 2023 di GOR Gotong Royong Subang. Senin, Desember 2023.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Subang Nunung Suryani dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Roadshow Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting dalam rangka hari Ibu tahun 2023. Selain itu tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program bangga kencana, program KB di mana saat ini Kabupaten Subang untuk peserta KB di angka 72%.

“Untuk percepatan penurunan stunting Kabupaten Subang berdasarkan survei status gizi Indonesia berada di angka 15,7%, sedikit lagi 14% target Jawa Barat dan Indonesia, sehingga percepatan penurunan akan cepat tercapai dan zero stunting akan tercapai dengan upaya kita lakukan dengan semua pihak stakeholder yang terlibat baik dari unsur pemerintahan, pengusaha, lembaga pendidikan dan media," Ungkap Nunung.

Baca Juga: Sekda Subang Ajak Sinergi Berantas Korupsi dalam Peringatan HAKORDIA 2023

Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat menyatakan rasa bangga atas Raihan Kabupaten Subang di tahun 2023 sebagai kabupaten dengan kinerja terbaik ke satu dalam percepatan penurunan stunting di Jawa Barat sehingga menjadikan Kabupaten Subang salah satu lokus intervnsi stunting tingkat nasional dalam upaya percepatan penurunan stunting.
“Raihan tersebut berkat kerja keras dari semua pihak stakeholder yang terlibat baik dari unsur pemerintahan, pengusaha, para pos KB dan pendamping tingkat desa," Tutur Kang Jimat.

Kang Jimat melanjutkan, Kabupaten Subang telah membangun komitmen dalam percepatan penurunan stunting yang akan menjadi acuan semangat kita untuk mewujudkan zero stunting di Kabupaten Subang untuk mendukung zero stunting di Jawa Barat.

“Perencanaan yang baik perlu diutamakan dan diimplementasikan dalam sebuah tujuan di tahun 2045 menuju Indonesia emas terbebas dari stunting. Kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang siap dan unggul, dan keberhasilan menyiapkan generasi unggul tersebut berada di pundak para kader dengan pendampingan masyarakat menjadikan keluarga sehat dan sejahtera yang bebas dari stunting," Tutup Kang Jimat.

Baca Juga: Kaget Didatangi Mendag Zulhas, UMKM Ini Ceritakan Kisahnya Sukses Ekspor

Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan informasi Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd menyatakan bahwa alasan Subang ditunjuk menjadi lokasi Roadshow tingkat Jawa Barat, karena Subang memiliki komitmen yang kuat terhadap program keluarga berencana dan percepatan penurunan stunting.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x