Presiden Jokowi Widodo Sampaikan Pidato Kenegaraan, Sindir Politisi yang Catut Namanya untuk Pilpres 2024

- 17 Agustus 2023, 18:44 WIB
Presiden Jokowi Widodo Sampaikan Pidato Kenegaraan, Sindir Politisi yang Catut Namanya untuk Pilpres 2024
Presiden Jokowi Widodo Sampaikan Pidato Kenegaraan, Sindir Politisi yang Catut Namanya untuk Pilpres 2024 /Instagram.com/@jokowi


Literasi News- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 RI di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Rabu 18 Agustus 2023.

Di awal pidatonya, Presiden Jokowi menyinggung soal atmosfer tahun politik yang semakin hangat. Ia juga menyindir tingkah para politisi partai politik yang kerap mencatut nama dan fotonya untuk kepentingan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Istilah atau kode para politisi, yakni 'arahan Pak Lurah' pun diungkap Presiden Jokowi dan membuat hadirin tertawa. Kode tersebut dipakai para politisi agar calon presiden yang diusungnya mendapat dukungan dari masyarakat, karena dianggap telah mendapat restu dari Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Sandiaga Uno Bahas Pariwisata dan Politik

"Kita saat ini sudah memasuki tahun politik. Sedang tren di kalangan politisi dan partai politik, setiap ditanya capres dan cawapresnya, jawabannya:

belum ada 'arahan Pak Lurah'. Saya sempat mikir, siapa ini Pak Lurah? Sedikit-sedikit kok Pak Lurah? Belakangan saya tahu, yang dimaksud Pak Lurah ternyata saya," kata Presiden Jokowi, disambut gemuruh tawa hadirin.

Kemudian, Kepala Negara asal Solo, Jawa Tengah itu menegaskan bahwa dirinya bukan lurah, tetapi Presiden Republik Indonesia. Bahkan ia menyebut dirinya bukan ketua umum partai politik dan pemimpin koalisi partai politik.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin Ikuti Zikir Doa Kebangsaan Dalam Rangka 78 Tahun Kemerdekaan RI

"Perlu saya tegaskan, saya ini bukan ketua umum parpol, bukan juga ketua koalisi partai, dan sesuai ketentuan undang-undang, yang menentukan capres dan cawapres itu adalah parpol dan koalisi parpol.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x