Menkes Menargetkan Produk Alkes Dalam Negeri Bisa Menggunakan Komponen Lokal, Saat Ini Didominasi Impor

- 31 Agustus 2022, 18:06 WIB
Menkes Menargetkan Produk Alkes Dalam Negeri Bisa Menggunakan Komponen Lokal, Saat Ini Didominasi Impor
Menkes Menargetkan Produk Alkes Dalam Negeri Bisa Menggunakan Komponen Lokal, Saat Ini Didominasi Impor /Kemenkes RI/

Literasi News - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menargetkan 60 persen produksi alat kesehatan dalam negeri harus sudah menggunakan komponen lokal. Target tersebut didasarkan pada pertimbangan alat kesehatan di Indonesia yang sudah jadi maupun bahan baku masih di dominasi impor.

Disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran perdana alat kesehatan elektromedik mindray produksi dalam negeri di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu 27 Agustus 2022.

''Kalau sekarang masih ada beberapa komponen dari luar negeri tidak apa-apa. Tapi kita tidak bisa melakukan ini terlalu lama. Keinginan kita sekitar 50-60 persen alat kesehatan dan obat-obatan dari hulu sampai ke hilir harus dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri,'' kata Menkes, dikutip literasinews dari laman resmi kemkes.

Baca Juga: Percepatan Sertifikat Produk Halal, Upaya dan Strategi BPJPH Melakukan Lompatan Jumlah Produk Halal

Dikatakan Menkes dukungan dari para produsen dan UMKM sangat penting guna mewujudkan kemandirian bangsa di bidang kesehatan. Salah satunya yang dilakukan oleh PT D&V Medika yang bekerjasama dengan PT. Mindray untuk memproduksi alat kesehatan elektromedik dalam negeri.

Besarnya tingkat ketergantungan ini, di respon pemerintah dengan mencanangkan transformasi kesehatan yang fokus pada 6 pilar. Adapun sektor farmasi dan alat kesehatan masuk dalam pilar ketiga, yakni transformasi ketahanan sistem kesehatan.

Salah satu fokusnya adalah mendorong pengembangan alat kesehatan produksi dalam negeri guna mengurangi ketergantungan produk kesehatan impor. Saat pandemi kemarin terasa sekali, mencari masker susah, APD susah.

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat HUT Polwan ke-74, Diperingati 1 September 2022

"Untuk memastikan adanya kemandirian alat kesehatan dalam negeri, kita melakukan transformasi kesehatan utamanya pilar ketiga yakin transformasi ketahanan sistem kesehatan, jadi kalau ada pandemi lagi kita tidak bergantung dengan negara lain,'' kata Menkes.

Pihaknya menjabarkan di tahun 2019-2020 saja, transaksi alkes impor mencapai 88 persen, sementara untuk produk lokal hanya berkisar 12 persen. Padahal dari total 496 jenis alkes yang ditransaksikan di kurun waktu 2019-2020 tersebut, ada 152 alkes yang sebenarnya mampu diproduksi sendiri.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x