Indonesia Sedang Proses Transisi Dari Pandemi Menuju Endemi, Menkes: Dilakukan Secara Bertahap

- 18 Mei 2022, 20:30 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin: Indonesia saat ini dalam proses transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi.
Menkes Budi Gunadi Sadikin: Indonesia saat ini dalam proses transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi. /Dok Setkab/

Literasi News - Indonesia saat ini dalam proses transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi. Indikatornya adalah semakin turun kasus Covid dan mulai melonggarkan beberapa aturan protokol kesehatan seperti bebas masker di ruang terbuka.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, saat kunjungan kerja ke Tanjungpinamg, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu 18 Mei 2022.

Meskipun demikian, menurut Menkes, proses menuju endemi itu tetap dilakukan dengan hati-hati. "Transisisi menuju endemi dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus," katanya, dilansir Antara.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah menuju endemi, tutur Menkes, yaitu dengan menlonggarkan beberapa aturan protokol kesehatan yang sebelumnya sangat ketat, seperti bebas masker di luar ruangan dan peniadaan tes Covid-19.

Menurutnya hal tersebut secara tak langsung juga dapat mendidik masyarakat agar terbiasa menjaga protokol kesehatan masing-masing individu.

Baca Juga: Masyarakat Boleh Melepas Masker di Area Terbuka, Ini Syaratnya, Simak Penjelasan Presiden Jokowi

"Semua penyakit menular yang menjadi endemi, salah satu cirinya itu masing-masing individu sudah paham penyakitnya seperti apa, bagaimana menjaga protokol kesehatan, dan penanganannya jika sudah terpapar," tuturnya.

Menkes menjelaskan terkait bebas masker di luar ruangan, masyarakat diminta menyesuaikan diri jika berada di lingkungan padat orang atau melihat teman-teman di sekitar bergejala demam, batuk dan bersin-bersin, agar tetap memakai masker untuk menghindari kemungkinan penularan Covid-19.

"Kalau memang merasa aman dan nyaman, silakan dilepas saja maskernya," ujarnya.

Ia menambahkan sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi bahwa selama ini tingkat disiplin penggunaan masker masyarakat Indonesia sangat tinggi, sehingga ini menjadi salah satu faktor dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x