Indonesia Harus Penuhi 3 Syarat Ini Dalam Transisi Pandemi Menuju Endemi, Simak Penjelasan Menkes

- 31 Mei 2022, 19:27 WIB
Menkes Budi Gunadi sebut ada 3 syarat kondisi yang harus terpenuhi untuk menentukan transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi.
Menkes Budi Gunadi sebut ada 3 syarat kondisi yang harus terpenuhi untuk menentukan transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi. /YouTube Sekretariat Presiden

Literasi News - Terdapat 3 syarat kondisi yang harus terpenuhi terlebih dahulu untuk menentukan transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi di Indonesia.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Selasa 31 Mei 2022, salah satu syaratnya adalah transmisi komunitas berada di level 1 selama tiga bulan berturut-turut.

"Usulan kami dari sisi kesehatan, kalau bisa transmisi komunitasnya, yang sesuai aturan WHO yakni berapa kasus per 100 ribu, berapa yang masuk rumah sakit per 100 ribu dan yang meninggal per 100 ribu, itu harus level 1 selama tiga bulan berturut-turut," katanya.

Syarat kedua, menurut Menkes, adalah keberhasilan tingkat vaksinasi Covid-19 lengkap atau dua dosis penuh mencapai 70 persen dari populasi.

"Dan syarat yang ketiga, reproduction rate atau laju penularan itu 1 atau di bawah 1 selama tiga bulan berturut-turut," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Sedang Proses Transisi Dari Pandemi Menuju Endemi, Menkes: Dilakukan Secara Bertahap

Meskipun demikian, tutur Menkes, mengingat pandemi Covid-19 berstatus global maka keputusan untuk mengubah statusnya menjadi endemi tidak bisa hanya diambil oleh satu negara saja.

"Harus jadi kesepakatan antara pimpinan-pimpinan negara-negara besar di dunia," katanya.

Menkes menyebutkan bahwa dari segi vaksinasi Covid-19, Indonesia hingga saat ini sudah menyuntikkan sekira 412 juta dosis vaksin.

Dari jumlah tersebut, untuk penyuntikan vaksin dosis pertama sudah menembus angka 200 juta hingga data dua pekan yang lalu.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x