Anggota DPRD Jabar Erni Sugiyanti Dorong BUMDes Garap Sektor Jasa Layanan Umum

- 5 Desember 2021, 20:12 WIB
Anggota DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti
Anggota DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti /Tangkapan Layar Instagram/@ernisy17

Literasi News - Anggota DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah sekitar perkotaan bergerak di bidang layanan jasa. Hal itu disampaikan saat menggelar reses di Bogor, Sabtu 4 Desember 2021.

"BUMDes di desa-desa yang berdekaran dengan kota untuk konsentrasi di sektor jasa," kata Erni kepada wartawan.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Pulau Seribu, Sangat Cocok Buat Liburan Keluarga

Dia menyampaikan, hal ini termasuk penting karena desa-desa di sekitar perkotaan harus mampu ikut serta menggerakan sektor ekonomi.

Salah satu yang paling dibutuhkan di sekitaran kota adalah layanan jasa seperti pembayaran listrik, pajak kendaraan, PBB, pulsa, termasuk jasa pengiriman barang.

"Seperti pelayanan pembayaran pajak, listrik, pengantaran barang untuk mempersingkat waktu pelayanan dari desa ke kecamatan bahkan ke kabupaten," kata perempuan yang juga politisi PKB.

Dia berharap BUMDes menjadi sentral transaksi, termasuk stor dan tarik tunai, transfer uang dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadirannya bisa lebih dirasakan oleh masyarakat dan bisa menggerakan sektor ekonomi lokal.

Jika hal itu berjalan, maka dilanjutkan dengan pengembangan ekonomi lainnya, misalkan menampung dan memasarkan produk-produk UMKM asli lingkungan sekitar.

Atau, untuk menambah nilai jual, lakukan kolaborasi pemasaran produk dengan pihak lain yang produknya sudah dikenal, atau aplikasinya sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga: Update Covid-19 Minggu 5 Desember 2021, Bertambah 196 Kasus Positif dan Sembuh 298 Orang

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x