Kabar Gembira Layanan Telemedicine dan Obat Gratis Pasien Isoman Diperluas, Kini Menjangkau Wilayah Bodetabek

- 14 Juli 2021, 17:37 WIB
Daftar 11 platform layanan Telemedicine yang bekerjasama dengan Kemenkes. Layanan Telemedicine dan Obat Gratis Pasien Isoman Diperluas, Kini Menjangkau Empat Wilayah Bodetabek
Daftar 11 platform layanan Telemedicine yang bekerjasama dengan Kemenkes. Layanan Telemedicine dan Obat Gratis Pasien Isoman Diperluas, Kini Menjangkau Empat Wilayah Bodetabek /Instagram @indonesiabaik.id

Literasi News - Layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui telemedicine bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri (Isoman) diperluas Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kini bisa menjangkau wilayah Bodetabek yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Layanan telemedicine diujicobakan di Jakarta pada 7 Juli lalu. Layanan ini hadir untuk memudahkan masyarakat, terutama mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Demikian dikutip Literasi News dari laman resmi Kemenkes.

Dengan layanan telemedicine tersebut, mereka yang menjalami Isoman bisa konsultasi kesehatan secara virtual, tanpa harus datang ke rumah sakit (RS) serta untuk mengurangi beban keterisian tempat tidur di RS.

Baca Juga: Bocoran Film Series '9 Bulan' Episode 23 di WeTV: Andini Dibuat Kesal oleh Welly Karena Hal Ini

Layanan telemedicine bisa digunakan untuk pasien bergejala sedang, berat, dan kritis. Hingga saat ini, total ada sebelas platform yang bekerja sama dengan Kemenkes.

Kesebelas platform layanan telemedicine yaitu Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, KlinikGo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Selain diperluas, kini alur layanan telemedicine Covid-19 juga dibuat lebih ringkas, setelah melalui penyederhanaan alur layanan agar pelaksanaanya lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Fadli Zon Kritik Risma, Netizen Desak Mensos Mundur

Pasien tidak perlu lagi mengirimkan pesan ke apotik Kimia Farma. Kini cukup mengisi form pemesanan obat dan unggah KTP di platform telemedicine yang dipilih. Dengan cara itu semuanya sudah langsung diproses secara otomatis.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, layanan telemedicine menjadi salah satu opsi terbaik untuk tetap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan risiko kesehatan yang seminimal mungkin.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x