Ridwan Kamil: Target Seluruh Desa di Jabar Memiliki Tempat Isolasi Covid-19, Saat Ini Baru 3.000 Desa

- 22 Juni 2021, 22:15 WIB
Ridwan Kamil: Target Seluruh Desa di Jabar Memiliki Tempat Isolasi Covid-19, Saat Ini Baru 3.000 Desa
Ridwan Kamil: Target Seluruh Desa di Jabar Memiliki Tempat Isolasi Covid-19, Saat Ini Baru 3.000 Desa /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Gubernur Ridwan Kamil menargetkan seluruh desa di Jawa Barat (Jabar) memiliki tempat isolasi Covid-19. Sehingga tidak semua warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilakukan isolasi di rumah sakit.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengungkapkan, dari 5.300 desa yang tersebar di seluruh Jawa Barat, terdapat 3.000 desa yang sudah memiliki tempat isolasi.

"Terdapat 3.000-an desa di Jawa Barat yang saat ini telah memiliki tempat isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19. Satu di antaranya Desa Cimacan, Pacet, Cianjur ini," kata Emil, kepada wartawan di Cianjur, Selasa 22 Juni 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Pemprov Jabar Tak Memiliki Anggaran untuk Subsidi Warga Terdampak Jika PSBB Diterapkan

Seluruh pemerintah desa, lanjut Emil dapat mengalokasikan anggaran sebesar 8 persen dari dana desa untuk penanganan percepatan Covid-19 di wilayahnya.

"Sehingga nantinya, tidak semua warga yang terpapar harus dibawa ke rumah sakit. Kecuali yang memiliki gejala berat hingga sangat berat," jelasnya.

Berdasarkan hasil pemantauan, sambung Emil, tingkat keterisian ruang isolasi di setiap rumah sakit masih didapati pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bergejala sedang dan ringan.

Baca Juga: Data Covid-19 22 Juni 2021 di Indonesia

"Sehingga kombinasi dengan menguatkan perawatan di desa dan kelurahan akan menjadi unggulan Jabar dalam menyelesaikan kedaruratan ini," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana Syahrudin mengungkapkan setiap pemerintah desa di Cianjur diinstruksikan untuk memiliki tempat isolasi Covid-19.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x