Pemerintah Salurkan BLT Dana Desa Rp2,27 Triliun, Upaya Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

- 11 Mei 2021, 15:41 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Pemerintah Salurkan BLT Dana Desa Rp2,27 Triliun, Upaya Tingkatkan Daya Beli Masyarakat
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Pemerintah Salurkan BLT Dana Desa Rp2,27 Triliun, Upaya Tingkatkan Daya Beli Masyarakat /Foto: Dokumentasi Humas Setkab/

Literasi News - Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT Dana Desa).

Hingga 8 Mei 2021, telah disalurkan total anggaran sebesar Rp2,27 Triliun BLT Dana Desa. Dana sebesar itu telah diberikan kepada 49.095 desa dari 74.961 desa. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berharap BLT Dana Desa tersebut dapat dimanfaatkan oleh keluarga penerima manfaat (KPM) dalam menghadapi perayaan Lebaran tahun 2021 ini.

Baca Juga: Berikut 10 Ucapan Idul Fitri Sangat Cocok Dibagikan di Media Sosial Anda

Mendes PDTT menegaskan pihaknya terus melakukan percepatan penyaluran BLT Dana Desa. Sebab dinilainya penting dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan dan meningkatkan daya beli warga desa dalam menghadapi Idul Fitri.

“Lebaran kurang dua hari lagi. BLT harus segera bisa dimanfaatkan oleh KPM,” ujarnya, di Jakarta, Selasa 11 Mei 2021 dikutip Literasinews dari laman resmi Setkab RI.

Abdul Halim menambahkan, aturan peniadaan mudik tentunya berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi warga desa di Hari Raya.

Mengatasi hal tersebut, Kemendes PDTT berupaya mengoptimalkan Dana Desa untuk BLT dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Baca Juga: Amalan Sunah Bagi Umat Muslim Sebelum Mengikuti Shalat Idul Fitri

“BLT dan PKTD memang totalitas belum menggantikan perputaran uang desa di masa mudik lebaran sebelum terjadinya pandemi COVID-19, namun akan membantu warga desa dalam menghadapi Lebaran ini,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x