Anggaran Dana Desa 2021 Rp72 Triliun, Diantaranya Rp20 Triliun untuk BLT

- 23 Maret 2021, 17:30 WIB
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan Anggaran Dana Desa 2021 Rp72 Triliun, Diantaranya Rp20 Triliun untuk BLT
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan Anggaran Dana Desa 2021 Rp72 Triliun, Diantaranya Rp20 Triliun untuk BLT /Literasi News/Nabiel Purwanda/

Literasi News - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI menggelontorkan anggaran dana desa tahun anggaran 2021 sebesar Rp72 triliun. Anggaran itu diperuntukan bagi percepatan pembangunan di wilayah desa di seluruh Indonesia.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar, mengatakan pemanfaatan dana desa dapat sesuai harapan masyarakat.

"Dana desa dapat dipakai untuk pengembangan infrastruktur desa, bisa dipakai untuk tugas-tugas pembangunan desa yang lain yang penting selalu bertumpu pada dua hal yaitu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia," kata Abdul, kepada wartawan di Cianjur, Selasa 23 Maret 2021.

Baca Juga: Forkonas Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Undang Wapres KH. Ma'ruf Amin Hadiri Silaturahim Nasional

Selain itu, lanjut Abdul, pemanfaatan dana desa juga saat ini dialokasikan untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19.

"Alokasi untuk percepatan penanganan pandemi yang tengah berlangsung sebesar 8 persen dari seluruh total anggaran dan Rp20 triliun untuk bantuan langsung tunai (BLT) dana desa," jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Bupati Cianjur, Herman Suherman menuturkan, pemanfaatan dana desa di Kabupaten Cianjur berjalan sesuai peruntukan, yaitu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia serta percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Big Match City vs Chelsea, Leicester Ditantang Southampton. Hasil Undian Semi Final Piala FA 2020-2021

Baca Juga: Jadwal Piala Menpora 21-24 Maret 2021, Live di Indosiar. Big Match, Persib Bandung vs Bali United

"Semuanya berjalan lancar dan baik, kami terus awasi terkait penggunaan dan peruntukannya. Kami imbau seluruh pemerintah desa agar betul-betul dan bertanggung jawab agar dana desa dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat," jelas Herman.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x