Hari Ini 12 April 2021, Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H Disiarkan Langsung di TVRI dan RRI

- 12 April 2021, 07:11 WIB
Hari Ini 12 April 2021, Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H Disiarkan Langsung di TVRI dan RRI
Hari Ini 12 April 2021, Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H Disiarkan Langsung di TVRI dan RRI /BMKG/

Literasi News - Hari ini, 12 April 2021 Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H. Sidang akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Sementara pemantauan posisi bulan sabit atau hilal guna menetapkan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriah, pemerintah melalui Kementerian Agama menyiapkan 86 lokasi tersebar di 34 provinsi.

Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Baca Juga: Muhasabah Pagi : Siapkan Hati dan Niat, Sambut Datangnya Bulan Ramadan

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan pemantauan hilal akan dilakukan pada 12 April 2021 di 86 lokasi.

Lokasi pemantauan hilal paling banyak di Jawa Timur 25 lokasi. Kemudian di Jawa Barat delapan lokasi. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi Kementerian Agama, Kamis.

Kamaruddin menjelaskan, hasil pengamatan hilal atau rukyat hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadhan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan. “Isbat awal Ramadan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Sya’ban 1442 H,” katanya.

Baca Juga: BMKG Hari ini, 12 April 2021. Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Jawa Barat

Menurutnya, karena masih pandemi, sidang isbat akan digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Sidang akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium,

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x