Menteri Termuda! Ketum GP Anshor Gus Yaqut Resmi Ditunjuk Jadi Menteri Agama

- 22 Desember 2020, 21:13 WIB
Ketum GP Ansor Gus Yaqut ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agama.
Ketum GP Ansor Gus Yaqut ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agama. /Instagram.com/@gusyaqut

Literasi News - Ketua PP GP Anshor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Agama menggantikan Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Presiden Joko Widodo didampingi wakilnya KH. Maruf Amin menyampaikan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka pada hari ini, Selasa 22 Desember 2020.

Ada enam Menteri yang posisinya diganti, di antaranya Menteri Agama, Menteri Sosial, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Kesehatan, Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Menteri Perdagangan.

Baca Juga: Buruan Cek, Ada 87.963 Rekening Sudah Diperbaiki dan BLT BPJS Tahap 6 telah Ditransfer. Ini Caranya

Di antara enam menteri yang diperkenalkan, salah satunya Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan Ketua Umum GP Ansor tahun 2015-2020.

"Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau adalah pemimpin Muslim, Ketua GP Ansor dan kita (Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin) akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," ujar Presiden Jokowi.

Gus Yaqut sapaan akrabnya merupakan menteri termuda dalam jajaran reshuffle Kabinet Jokowi. Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975.

Baca Juga: Menaker dan Dirut BPJS Bahas BLT BPJS di 'Kupas Tuntas Bantuan Subsidi Upah'. Ini Linknya

Gus Yaqut adalah putra dari K.H Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Sebelum ditunjuk jadi Menteri Agama, Gus Yaqut terpilih menjadi anggota DPR RI 2019-2024 di daerah pemilihan Jawa Tengah X dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah