Pariwisata Bisa Menjadi Solusi Bangkitnya Ekonomi Nasional, Ini Alasan Menparekraf

- 8 November 2021, 14:07 WIB
Ilustrasi wisatawan. Sektor pariwisata diharapkan  bisa menjadi solusi bangkitnya ekonomi nasional.
Ilustrasi wisatawan. Sektor pariwisata diharapkan bisa menjadi solusi bangkitnya ekonomi nasional. / /Pixabay/Peggy_Marco/

Literasi News - Sektor pariwisata bisa menjadi solusi bangkitnya ekonomi nasional. Hal itu antara lain dapat terwujud jika pandemi Covid-19 bisa dikendalikan dengan baik, percepatan akselerasi vaksinasi, dan penerapan protokol kesehatan.

Demikian disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam webinar yang diadakan Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta, secara virtual, seperti terpantau Antara di Jakarta, Senin 8 November 2021.

Sandiaga Uno mengharapkan sektor pariwisata bisa menjadi motor penggerak dalam pertumbuhan ekonomi nasional. "Usaha untuk mencapai hal tersebut semakin mendekati kenyataan sebagaimana hasil kesuksesan pemerintah (Indonesia) dalam mengendalikan pandemi dan percepatan akselerasi vaksinasi," katanya.

Baca Juga: Menjelang World Superbike Mandalika 2021, Menparekraf: Tetap Terapkan Prokes

Baca Juga: Tiga Tips Sukses Berusaha Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif, Menparekraf Sandiaga Uno Berbagi Pengalaman

Di menjelaskan, pihaknya telah berusaha menghadapi pandemi yang telah menghantam keras industri pariwisata, sehingga menciptakaan kondisi Volatility (bergejolak), Uncertainty (ketidakpastian), Complexity (kompleksitas), dan ambiguity (ambiguitas) atau disebut VUCA.

Kondisi itu, menurut Sandiaga, mempengaruhi perubahan dalam ekosistem pariwisata, seperti mengubah aspek produk pariwisata, preferensi produk, dan label kebersihan.

"Ekonomi pariwisata yang baru akan memprioritaskan kebersihan, minim sentuhan (low touch), minim mobilitas (low mobility), dan minim keramaian (less crowd)," ujarnya.

Dia menilai, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dijadikan sebagai langkah strategis untuk membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai respons atas kondisi VUCA.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x