Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Dengan Teks Arab, Latin dan Terjemahnya

- 16 April 2023, 20:50 WIB
Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Dengan Teks Arab, Latin dan Terjemahnya.
Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap Dengan Teks Arab, Latin dan Terjemahnya. /Chattrapal (Shitij) Singh

Literasi News - Melafalkan kalimat takbir merupakan hal yang dianjurkan oleh syariat dalam memperingati hari raya, baik pada Idul Fitri ataupun Idul Adha.

 

Diketahui takbir atau yang kita kenal dengan takbiran, dilafalkan tiga kali, selain itu juga lafal takbir juga ditambahkan dengan bacaan dzikir takbir.

Takbiran pada Idul Fitri dimulai dari setelah sholat magrib, biasanya sudah terdengar di masjid maupun di mushola, dan setelah di putuskan 1 Syawal oleh pemerintah, maka suara takbir akan terdengar.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Beragam Bingkai Keren Gratis

Dikutip literasinews.com dari laman resmi NU. Berikut ini adalah Bacaan takbir yang dianjurkan untuk dibaca pada malam dan hari raya id. Takbir dilafalkan sebanyak tiga kali sebagaimana penjelasan Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Majmu’, Syarhul Muhadzdzab:

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ

Allāhu akbar, Allāhu akbar, Allāhu akbar.

Artinya: “Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar.”

Selain tiga takbir ini, kita menambahkannya dengan zikir sebagai berikut sebagaimana zikir-takbir Rasulullah SAW di bukit Shafa yang diriwayatkan Imam Muslim:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الِلّٰهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا
لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ
لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الاَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Allāhu akbar kabīrā, walhamdu lillāhi katsīrā, wa subhānallāhi bukratan wa ashīlā, lā ilāha illallāhu wa lā na‘budu illā iyyāhu mukhlishīna lahud dīna wa law karihal kāfirūn, lā ilāha illallāhu wahdah, shadaqa wa‘dah, wa nashara ‘abdah, wa hazamal ahzāba wahdah, lā ilāha illallāhu wallāhu akbar.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah