Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Pintu-pintu Surga Dibuka

- 15 Maret 2023, 12:38 WIB
Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Pintu-pintu Surga Dibuka.
Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Pintu-pintu Surga Dibuka. /freepik/jcomp/

Literasi News - Tak terasa bulan ramadhan tinggal menghitung hari, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat di nanti oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Pada bulan Ramadhan umat Islam di wajibkan puasa, karena ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa. Salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, melipatgandakan kebaikan, dan pengangkatan derajat.

Allah SWT telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah lainnya. Firman Allah dalam hadits yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang Artinya:

Baca Juga: Kumpulan Hadits Nabi Muhammad SAW tentang Keutamaan Puasa Ramadhan Lengkap dengan Penjelasannya

"Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada aroma kesturi,". (Hadits Muttafaq 'Alaih).

Nabi Muhammad SAW Bersabda yang artinya:

"Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,". (Hadits Muttafaq 'Alaih).

Pada bulan Ramadhan diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan berisi keterangan-keterangan tentang petunjuk dan pembeda antara yang haq dan yang bathil.

Pada bulan Ramadhan disunatkan shalat tarawih, yakni shalat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi, para sahabat dan Khulafaur Rasyidin.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x