Kumpulan Hadits Nabi Muhammad SAW tentang Keutamaan Puasa Ramadhan Lengkap dengan Penjelasannya

- 14 Maret 2023, 15:26 WIB
Ilustrasi Ramadhan. Kumpulan Hadits Nabi Muhammad SAW tentang Keutamaan Puasa Ramadhan.
Ilustrasi Ramadhan. Kumpulan Hadits Nabi Muhammad SAW tentang Keutamaan Puasa Ramadhan. /Pexels / Burak Kebapci.

Literasi News - Beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1444 H, di bulan suci yang ditunggu umat muslim ini terkandung sejumlah fadilah atau keutamaan bagi yang melaksanakannya.

Dalam artikel ini kami rangkum hadits Nabi Muhammad SAW yang berkenaan dengan keutamaan puasa Ramadhan, lengkap beserta terjemah dan penjelasannya.

Hadits tentang keutamaan puasa Ramadhan ini, diambil dari kitab karya ulama Nusantara yang bernama kitab "Tanqihul Qoul" karya Syaikh Nawawi Al-Bantani.

Baca Juga: Hukum Ziarah Kubur Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Begini Penjelasan Para Ulama

Nabi SAW bersabda Allah ta’ala berfirman : “setiap satu kebaikan pahalanya berlipat 10 kebaikan sampai 700 kali lipat kecuali berpuasa karena puasa itu bagi-Ku dan Aku langsung membalasnya demikian sebagaimana disebutkan dalam Ihya’.

Nabi SAW bersabda Allah ta’ala berfirman dalam Hadits Qudsi artinya puasa itu bagi-Ku dan Aku langsung membalasnya”. Demikian sebagaimana di sebutkan dalam Ihya’.

Nabi saw. bersabda : Allah Ta’ala berfirman dalam Hadits Qudsi :
،، الصوم لي وانا اجزى به ،،

Artinya :
” Puasa itu bagi-Ku dan Aku langsung membalasnya”.

Sebab Puasa merupakan ibadah yang paling Aku senangi dan dikerjakan untuk-Ku. Hadis diriwayatkan oleh Thabrani dari Abu Umamah dengan isnad hasan.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x