Gus Baha Jelaskan Cara Persiapan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

- 14 Maret 2023, 11:17 WIB
Ilustrasi. Gus Baha Jelaskan Cara Persiapan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan.
Ilustrasi. Gus Baha Jelaskan Cara Persiapan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan. /Berita Bantul/

Literasi News - Simak penjelasan cara persiapan diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 2023 menurut Gus Baha.

Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan bahwa mempersiapkan diri memasuki bulan Ramadhan salah satunya adalah dengan mendalami kajian literatur dari para ulama terdahulu.

"Di antara ijazah dari Mbah Maimoen Zubair juga ijazah bapak, ngendika (mengatakan) 'Ihdinas shiratal mustaqim. Shirātal ladzīna an‘amta ‘alaihim ghairil maghdhūbi alaihim wa lad dhāllīn.'

Baca Juga: Hukum Ziarah Kubur Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Begini Penjelasan Para Ulama

Jadi, kita tidak bisa shaleh tanpa meniru orang terdahulu. Kita tidak bisa baik tanpa meniru orang terdahulu," ungkap Gus Baha dalam tayangan video. "Menyambut Ramadhan Bersama Gus Baha"

Dikutip pada Senin, 13 Maret 2023. Karena dalam ayat tersebut, lanjut Gus Baha, Allah tidak hanya berfirman ihdinasirotol mustaqim atau "Tunjukan kami jalan yang lurus" semata. Tetapi, Allah juga berfirman bahwa jalan yang benar yakni jalan mereka yang telah Allah beri nikmat.

"Jadi, Allah menghendaki ini, ada masternya," ujarnya. Dalam tradisi pesantren, Gus Baha menjelaskan bahwa untuk mendalami literatur ulama terdahulu ada tradisi yang namanya pasaran.

Di mana, seluruh civitas pesantren akan mengaji kitab dengan intesitas lebih banyak dibanding bulan-bulan selain Ramadhan.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x