Ragam Tradisi Islam di Indonesia Menyambut Bulan Suci Ramadhan

- 9 Maret 2023, 16:49 WIB
Ilustrasi. Ragam Tradisi Islam di Indonesia Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Ilustrasi. Ragam Tradisi Islam di Indonesia Menyambut Bulan Suci Ramadhan /pexels./

Literasi News - Bulan Ramadhan 2023 tinggal menghitung hari, setiap orang akan mempersiapkan meyambutan Bulan Ramadhan dengan berbagai tradisi.

Bulan Ramadhan di Indonesia disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh masyarakat Indonesia yang beragam dan juga tradisi unik yang berbeda.

Di Indonesia, budaya dan ajaran Islam berbaur, memiliki tradisi unik untuk setiap hari raya keagamaan. Salah satunya, tradisi menyambut bulan Ramadhan menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Bandung, Cocok untuk Munggahan Bersama Keluarga

Tradisi unik untuk menyambut Bulan Ramadhan 2023 pun setiap daerah berbeda. Berikut 5 tradisi menyambut Ramadhan di Indonesia

1. Tradisi Nyorog dari Betawi

Nyorog adalah tradisi Betawi, merupakan tradisi berbagi hadiah kepada sanak saudara sebelum memasuki bulan Ramadhan dan sebelum Idul Fitri.

Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Betawi yang tinggal di Jakarta, biasanya dilakukan oleh anggota keluarga yang paling muda mengunjungi saudara-saudaranya yang lebih tua di kampung dan membagikan bingkisan yang berisi kebutuhan sehari-hari dan makanan khas Betawi.

Memiliki ciri khas, bingkisan yang dibagikan saat nyorog diletakkan di dalam mangkuk yang dianyam dari daun pandan. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat Betawi telah berubah dan sekarang menggunakan rak besi atau kotak meja makan untuk membagikan bingkisan nyorog.

Hidangan khas Betawi juga dibagikan saat tradisi Nyorog seperti, sayur gabus pucung, ikan bandeng, dan olahan daging kerbau.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x